6 Manfaat Rumput Belulang Untuk Kesehatan Yang Kerap Dianggap Hanya Tumbuhan Liar

Senin 04-09-2023,22:50 WIB
Reporter : Andriyansyah
Editor : Uji mashudi

Ekstrak dari jenis rumput itu juga dapat membantu memperlambat pertumbuhan selektif pada kanker paru-paru serta sel kanker serviks.

3 Pengobatan Tipes

Sejak dahulu masyarakat Jawa telah menggunakan air rebusan rumput belulang ini untuk meredakan demam akibat penyakit tipes.

Hal ini dibenarkan oleh sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto dalam lomba karya ilmiah.

Merekapun rumput belulang ini telah dilakukan observasi terhadap masyarakat Tegal, Jawa Tengah yang menggunakan rumput jenis ini sebagai bahan pengobatan herbal.

Dalam jurnal sains lainnya, diketahui rumput belulang sudah terbukti mengandung berbagai zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti protein, lemak, saponin, tanin dan folifenol.

4. Menyembuhkan Luka Pendarahan 

Sejak dahulu kala, para orang tua menganjurkan untuk menempelkan rumput belulang yang sudah dihaluskan ke bagian tubuh yang terluka akibat jatuh.

Ternyata hal itu terbukti mampu meredam pendarahan serta bisa mengobati luka yang ada.

Berbagai kandungan zat antioksidan di dalam rumput ini mampu mengobati luka dan menyumbat pendarahan.

Tidak heran kalau akar rumput belulang digunakan jamu pasca melahirkan oleh masyarakat Jawa.

5. Bermanfaat Bagi Radang Sendi dan Parasit

Radang sendi merupakan  penyakit umum yang ditemukan pada orang tua penyakit tersebut dapat dicegah ketika tanaman ini dioleskan pada daerah yang terkena penyakit tersebut.

Dengan memasukan campuran rumput belulang dengan kelapa, parut hingga menjadi panas lalu balut pada daerah yang sakit.

6. Mengatasi Diabetes Serta Tekanan Darah Tinggi

Mengutip Health Benefit Times, jika anda mengonsumsi rebusan batang dan daun rumput belulang setiap hari anda bisa menghilangkan diabetes serta tekanan darah tinggi yang anda alami.

Kategori :