Musim Kemarau,Warga Pringsewu Mulai Kesulitan Dapat Air Bersih

Musim Kemarau,Warga Pringsewu Mulai Kesulitan Dapat Air Bersih

Warga Pekon Pandansurat kecamatan Sukoharjo kabupaten Pringsewu Lampung mulai kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau --

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Sejumlah warga yang tinggal di RT 08, RW 04 Pekon Pandansurat kecamatan Sukoharjo kabupaten PRINGSEWU Lampung mulai kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau tahun ini. 

 

Seperti yang dialami Arif (19) warga setempat mengatakan sejumlah warga dilingkungan tempat tinggal untuk sumur rata-rata sudah mulai pada mengering sejak akhir bulan Agustus 2023.

Sehingga, warga yang ingin mendapatkan air bersih harus pergi menuju sumur mata air atau sering disebut belik dengan jarak cukup jauh. 

"Ya, mau gimana lagi kalau sudah kemarau seperti ini. Saya terpaksa mengambil air bersih menggunakan jerigen yang diangkut menggunakan sepeda motor, " Ujarnya. 

 

Menurut Arif, bahwa saat musim kemarau seperti ini disekitar lingkungan tempat tinggal sudah hampir 1 bulan.

"Saya bersama Warga disini pun harus rela mencari air dengan jarak cukup jauh untuk kebutuhan sehari-hari seperti mandi, masak dan mencuci.

 

Kami mulai ngangsu (Red-mengambil air) selama kemarau ini setiap pagi dan sore di belik. Bahkan, kalau dalam sebulan ini tidak turun juga hujan pasti akan tambah banyak lagi sumur warga yang mengalami kekeringan, "kata dia. 

 

Arif berharap kepada Pemkab Pringsewu untuk dapat segera mencari solusi dengan memberikan bantuan air bersih terutama bagi warga yang sumur mulai kering. 

Sementara itu, Sekretaris Pekon Pandansurat Ali Mursidin saat dikonfirmasi membenarkan di musim kemarau tahun ini sebagian sumur milik warga sudah mulai mengalami kekeringan. 

 

Sumber: