Wow! Di Tanggamus Banyak Rumah Warga Belum Memiliki Toilet. Ternyata Buang Hajatnya Disini

Wow! Di Tanggamus Banyak Rumah Warga Belum Memiliki Toilet. Ternyata Buang Hajatnya Disini

Sebagian masyarakat di Tanggamus masih BAB sembarangan. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID- Sebagian besar masyarakat yang tinggal di pesisir pantai tidak memiliki Jamban atau toilet.  

Akibatnya sebagian warga yang buang air besar di pantai, anak sungai bahkan di kebun. Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan,

Tidak bisa dipungkiri ada sebagian rumah warga di Bumi Begawi Jejama ini tidak memiliki toilet sendiri.

Mereka ketika hendak buang hajat besar selain ke sungai ada juga yang ke kebun bahkan pergi ke pantai.

"Memang masih ada warga yang rumahnya tidak memiliki toilet sendiri,"katanya. 

Meski belum dapat memastikan berapa jumlahnya, Taufik memastikan dalam satu pekon masih ada dua hingga tiga rumah belum miliki toilet, khusus di kota. 

Jumlah itu lebih banyak masyarakat yang tinggal di wilayah dalam, sehingga tidak jarang ketika mereka hendak buang air besar dilakukan di tengah hutan, kebun dan lingkungan rumah tempat tinggal.

"Kalaupun ada rumah yang berada dipinggiran kota,"ujarnya. 

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini melanjutkan, kondisi Itu seharusnya menjadi perhatian serius, karena buang air besar sembarang tempat dapat mempengaruhi Kesehatan

Bukan hanya warga yang buang hajat tersebut, namun warga di sekitar lingkungann ikut terkena dampaknya."Bagi kesehatan tidak baik,"ujarnya.

Untuk mengatasi agar semua rumah warga ini ke depan punya toilet sendiri, Taufik berencana dan akan bekerjasama dengan pihak pekon untuk membangun WC rumah warga yang tidak mampu dengan dana desa (DD).

"Kita akan coba koordinasikan ke pihak pekon masing-masing masalah program pembuatan toilet ini, khususnya bagi warga kurang mampu,"ungkapnya.

Selain itu ia juga akan kerjasama dengan puskesmas dan pekon, untuk mendata ulang rumah warga yang sampai belum miliki toilet.

Sumber: