Dua Ruas Jalan Tol Terpanjang di Lampung, Salah Satunya Terpanjang di Indonesia

Dua Ruas Jalan Tol Terpanjang di Lampung, Salah Satunya Terpanjang di Indonesia

Dua ruas jalan tol terpanjang di Lampung salah satunya ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar. foto disway.id--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Provinsi Lampung, merupakan salah satu daerah yang memiliki jalan tol. Salah satu ruas tol Lampung yakni Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar), ruas jalan tol ini menjadi terpanjang di Lampung setelah ruas tol Terbanggi Besar, Pematang Panggang Kayu Agung (Terpeka).

Ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sesuai dengan namanya.

Penghubung antar Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan dan Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.

Ruas jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer. 

Jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan terpanjang ke dua setelah tol Terpeka dan dibangun pada tahun 2015 silam.

Anggaran pembangunan jalan tol yang kini dapat dinikmati oleh seluruh pengguna jalan tol dengan tujuan Bakauheni Teebanggi besar ini sekitar Rp 16,795 trilliun.

Bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN), dan dikerjakan oleh PT Persero Hutama Karya.

Lalu Tol terpanjang pertama dan merupakan terpanjang di Indonesia saat ini ialah Tol Terpeka, tol Terpeka terdapat dua bagian ruas tol.

Titik nolnya ialah Terbanggi Besar, Lampung Tengah, lalu menuju titik pertama yakni Pematang Panggang dan selanjutnya berkahir di Kayu Agung-Palembang.

Tidak hanya terpanjang, proses pembangunan jalan tol Terpeka (Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung) juga digadang gadang sebagai tercepat di Indonesia.

Pembangunan ruas jalan tol yang kini memperlancar akses jalan Sumatera Selatan-Lampung ini hanya memakan waktu 864 hari atau 2 tahun 3 bulan.

Anggaran pembangunan jalan tol Terpeka memakan biaya investasi yang cukup Fantastis yaitu sebesar Rp 21,95 Triliun rupiah.

Telah dibahas diatas tol Terpeka merupakan jalur yang menghubungkan, antara Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

Sumber: