Sisa Kayu Bakar, Hanguskan Dapur Rumah Warga Sudimoro Kecamatan Semaka

Sisa Kayu Bakar, Hanguskan Dapur Rumah Warga Sudimoro Kecamatan Semaka

Kebakaran terjadi di Pekon Sudimoro Kecamatan Semaka pada Senin 2 Oktober 2023. Penyebab kebakaran dari kayu bakar yang merembet ke dinding dapur berbahan kayu. Foto Ist - -

Dilanjutkan kapolsek, tidak lama setelah terjadi kebakaran armada pemadam kebakaran (Damkar) tiba di lokasi dan berhasil memadamkan api setelah 30 menit berjibaku.

BACA JUGA:Gegara Bakar Sampah, Gudang Berisi Tumpukan Kayu Terbakar

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya menghanguskan dapur rumah sehingga korban mengalami kerugian yang ditaksir kurang lebih Rp5 juta,"ucap Lusiyanto.

 

Diungkapkan Lusiyanto bahwa berdasarkan penyelidikan, kebakaran tersebut terjadi akibat kelalaian pemilik rumah yang tidak memastikan dengan benar bahwa api dari kayu bakar yang digunakan sudah benar-benar padam. 

 

"Kayu bakar sisa diletakan berdekatan dengan dinding dapur yang terbuat dari kayu dan kayu bakar tersebut belum padam sepenuhnya sehingga menyebabkan munculnya api yang kemudian membakar sebagian atap dan dinding dapur,"terang kapolsek

 

Untuk mencegah peristiwa kebakaran serupa, kapolsek mengimbau masyarakat untuk selalu memperhatikan kondisi setelah memasak, khususnya bagi yang masih menggunakan kayu bakar.

 

"Mari bersama-sama memperhatikan apabila ada sisa kayu bakar setelah memasak, pastikan benar-benar padam dengan menyiram air serta jauhkan dari bahan yang mudah terbakar,"pungkas Lusiyanto.

 

Sementara, Kepala Seksi Damkar, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Tanggamus, Nuzirwan mengatakan,bahwa personel yang diterjunkan untuk memadamkan api sebanyak satu regu.

 

"Armada damkar yang diterjunkan dari Posko Damkar Kecamatan Semaka. Penyebab kebakaran dari tungku kompor yang ada di dapur. Kebakaran tersebut hanya menghanguskan bagian dapur tidak ada korban luka maupun korban jiwa,"katanya.(*)

Sumber: