Kejari Tanggamus Hentikan Penuntutan, Alvi Tersangka Penadah Hp Curian Resmi Bebas

Kejari Tanggamus Hentikan Penuntutan, Alvi Tersangka Penadah Hp Curian Resmi Bebas

Kepala Kejari Tanggamus Yunardi melepaskan rompi tahanan yang dikenakan Alvi Hendri warga Pekon Simpang Bayur Kecamatan BNS yang menandakan Alvi resmi dibebaskan setelah melalui upaya Restorative Justice, Selasa 3 Oktober 2023. Foto Rio Aldipo --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Alvi Hendri warga Pekon Simpang Bayur Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS) Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, tidak bisa menyembunyikan rasa gembiranya.

 

Pasalnya, pada Selasa 3 Oktober 2023 dirinya resmi menghirup udara bebas setelah sebelumnya ditahan karena melakukan penadahan handphone (HP) curian.

 

Dibebaskannya Alvi Hendri dari jeruji besi setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus menghentikan penuntutan terhadap tersangka Alvi Hendri melalui penyelesaian perkara tindak pidana umum berdasarkan keadilan restoratif atau restorative justice (RJ).

 

Prosesi pembebasan Alvi ditandai dengan pelepasan rompi tahanan oleh Kepala Kejari Tanggamus Yunardi di Laman Adem Pekon Simpang Bayur disaksikan Kepala Pekon Simpang Bayur M.Formona Saleh beserta jajaran, Rizani perwakilan dari Pemerintah Kecamatan BNS dan Babinsa.

BACA JUGA:Penuh Haru, Tiga Tersangka Penadah HP Dibebaskan Dari Tuntutan

 

Kepala Kejari Tanggamus, Yunardi, mengatakan bahwa dihentikannya penuntutan terhadap Alvi Hendri berdasarkan keadilan restorasi karena perbuatan terdakwa yang melanggar Pasal 480 Ke-1 KUHP diancam dengan hukuman di bawah 5 tahun penjara, sudah ada perdamaian antara korban dan tersangka serta tersangka belum pernah dihukum sebelumnya.

 

"Tersangka menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan. Korban juga sudah memaafkan tersangka,"kata Yunardi.

 

Yunardi berpesan kepada Alvi untuk tidak mengulangi perbuatan serupa. "Tolong ini dijadikan pelajaran, hati-hati saat membeli barang, jangan mudah percaya. Tolong pak Babinsa dan pak Kakon dibina Alvi ini. Karena kalau lihat dari wajahnya, Alvi ini bukan orang jahat,"ucapnya.

Sumber: