Antisipasi Gajah Liar Masuk Pemukiman, Warga Ulok Mukti Pesibar Berjaga Jaga

Antisipasi Gajah Liar Masuk Pemukiman, Warga Ulok Mukti Pesibar Berjaga Jaga

Warga Pekon Ulok Mukti Kabupaten Pesisir Barat, berjaga-jaga antisipasi masuknya kawanan gajah ke pemukiman warga. foto ilustrasi pixabay --

Sehingga inisiatifnya, warga Ulok Mukti terus waspada dan berjaga jaga.

"Rombongan gajah liar itu saat ini sudah dekat dengan pemukiman warga setempat. Karena sebelumnya juga sampai ke wilayah perkebunan sawit dan merusak tanaman perkebunan maupun gubuk warga," katanya, Selasa 28 November 2023.

Dia melanjutkan, kawasan hutan yang ada di wilayah tersebut merupakan salah satu perlintasan rombonghan gajah liar.

"Kita juga mengimbau kepada masyarakat yang ada di Pemangku Panji Wayang ini untuk tetap tenang dan tidak panik, serta tetap waspada. Mudah-mudahan rombongan gajah liar itu segera kembali masuk kedalam kawasan hutan," jelasnya.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD), Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Pesbar, Dadang Trianahadi, mengatakan.

Bahwa sebelumnya KPH telah mendapatkan informasi terkait dengan rombongan hewan mamalia terbesar ini.

Berada dan melintasi kawasan hutan Pemangku Panji Wayang Pekon Ulok Mukti.

Atas informasi tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan para pihak terkait, menggiring gajah ke habitat aslinya.

"Pagi ini, tim KPH resort III Bengkunat, kembali melakukan pengecekan kelokasi untuk melihat kondisi terkini, pasca adanya rombonga gajah liar diwilayah itu. Nanti akan kita sampaikan kembali dari hasil pengecekan petugas di lapangan,"pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di radarlampung.disway.id dengan judul: Belasan Gajah Liar Dekati Pemukiman Warga di Ulok Mukti, Pesisir Barat Lampung

 

 

Sumber: