Pringsewu Punya 4 Ribu Tukang Bangunan, Hanya 600 yang Bersertifikat

Pringsewu Punya 4 Ribu Tukang Bangunan, Hanya 600 yang Bersertifikat

Ilustrasi net--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID -  Kabupaten Pringsewu memiliki tenaga kerja tukang bangunan sekitar 4478 orang. Namun dari jumlah itu yang sudah memiliki sertifikat hanya sekitar 600 orang atau 13.6 persen. 

 

Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Pringsewu setiap tahun selalu rutin melaksanakan program pelatihan dan Pembekalan Tenaga Terampil Konstruksi (Tukang) secara bertahap guna meningkatkan keahliannya secara profesional. 

 

"Tenaga tukang bangunan di kabupaten Pringsewu yang sudah bersertifikat sampai ditahun ini baru 600 orang atau 13,8 persen. Dari total tenaga tukang di Pringsewu 4478 orang. Sehingga masih kurang sekitar 3878 orang yang belum bersertifikat, "Ungkap Kabid Bina Kontruksi pada Dinas PUPR Pringsewu, Ades Suherna belum lama ini. 

 

Menurut Ades, bahwa total 4478 orang tenaga tukang bangunan berdasarkan pendataan dari seluruh pekon yang ada di kabupaten Pringsewu dilakukan pada tahun 2022 lalu. 

"Karena keterbatasan anggaran kita untuk pelatihan dan Pembekalan Tenaga Terampil Konstruksi ditahun 2024 mendatang kita usulkan lagi 200 orang, " Ucapnya. 

 

 

Karena, Lanjut Ades,pemerintah Daerah wajib berperan dalam upaya meningkatnya keterampilan tenaga kerja di bidang jasa konstruksi yang sudah memiliki sertifikat. Hal ini sesuai dengan Undang - Undang No.2 Tahun 2017 tentang jasa konstruksi. 

"Sertifikat tenaga tukang bangunan ini yang berlaku selama 5 tahun sekali yang bisa dapat diperbarui di DPUPR Pringsewu, "kata dia. 

 

Dijelaskan Ades, Pelatihan dan sertifikasi keterampilan jasa konstruksi diadakan untuk mewujudkan tenaga kerja yang andal dan berdaya saing dan menciptakan integrasi nilai tambah dari seluruh tahapan penyelenggaraan jasa konstruksi, guna menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional, khususnya untuk memenuhi kebutuhan SDM dan meningkatkan keterampilan tenaga kerja di bidang jasa konstruksi yang tersertifikasi keterampilan di Kabupaten Pringsewu. 

Sumber: