Tujuh Kuliner Khas Tanggamus, Lampung Yang Wajib Kamu Cicipi, Dijamin Enak

Tujuh Kuliner Khas Tanggamus, Lampung Yang Wajib Kamu Cicipi, Dijamin Enak

Kuliner Khas Tanggamus yang wajib kamu coba. Foto Radar Tanggamus --

4.Ikan bakar


Ikan Selar Bakar khas Tanggamus. Foto IG bukitpasir_kotaagung--

Ikan bakar merupakan kuliner yang dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Tanggamus. Ikan bakar khas Tanggamus menggunakan ikan segar yang dibakar dengan bumbu-bumbu yang khas. Ikan bakar dapat disajikan dengan berbagai macam sambal, seperti sambal terasi, sambal matah, atau sambal ijo.

5.Iwan


Iwan Goreng. Foto Google--

Meski nama Iwan sangat identik dengan nama orang lain, namun nama Iwan di Kecamatan Kota Agung, Tanggamus, Lampung adalah kudapan yang terbuat dari bahan dasar ikan berbentuk bulat seperti  bakso.  

Iwan dapat disajikan dengan dua cara yakni digoreng atau direbus. Kalau disajikan dengan cara direbus, campurannya bisa bihun. Namun, jika Iwan digoreng, bisa disajikan dengan saus cuka merah. 

6.Otak-otak


Otak-otak. Foto Ist --

Makanan khas Tanggamus didominasi oleh masakan ikan, salah satunya adalah otak-otak. Teksturnya lembut dan kenyal serta rasanya yang enak. 

 Otak-otak merupakan sajian yang paling banyak dicari di kalangan warga Tanggamus, terutama saat Ramadhan tiba. Otak-otak biasanya dimakan dengan cuka merah atau saus kacang.

7. Pekhos


Pekhos. Foto Rio Aldipo--

Pekhos adalah kuliner kuah bening yang diberi air perasan jeruk,  bisa juga dari buah  belimbing wuluh dan  loba lobi atau sejenis lainnya. Kuah tersebut selanjutnya dicicol dengan ikan bakar laut seperti selar,kakap merah, kerapu, atau bisa juga dengan air tawar seperti ikan mas atau nila.

Itulah beberapa kuliner khas Kabupaten Tanggamus yang wajib dicoba. Jika Anda berkunjung ke Kabupaten Tanggamus, jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner tersebut.(*)

Sumber: