Sekdaprov Lampung Sebut Tanggamus Miliki Ciri Ciri Surga

Sekdaprov Lampung Sebut Tanggamus Miliki Ciri Ciri Surga

Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto didampingi Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dan Forkompinda memukul gong saat membuka kegiatan musrenbang kabupaten tahun 2024 di GOR ini, Pekon Kotagaung. Foto Hanibal Batman --

Jika unit terkecil dirumah tangga diabaikan, jadi unit terkecil pemerintah itu desa, dan unit terkecil pembangunan rumah tangga, tolong ini menjadi catatan,"pesannya.

Sementara itu, Pj. Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan menyampaikan bahwa, musrenbang tahun 2024 ialah untuk pelaksanaan RKPD tahun 2025.

"Dari skup nasional, provinsi dan kabupaten kota, dimana salah satunya Tanggamus harus tahu persis bagiamana segenap potensi yang ada di Tanggamus ini, dijadikan peluang untuk pembangunan,"kata Pj. Bupati.

Lalu selanjutnya yang perlu disikapi, smart government (pemerintah yang cerdas),

Pemerintah yang tahu dengan segenap potensi yang ada, dengan segala keterbatasannya untuk mewujudkan kemakmuran masyarakat.

"Itu kenapa pada siang hari ini, kita hadir bersama sama melaksanakan Musrenbang RKPD, untuk perencanaan pembangunan tahun 2025, bagaimana di tahun 2025 merupakan akumulasi bersama sama, mengawali pembangunan yang sudah ada,"paparnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Hendra Wijaya Mega.m

Menjelaskan bahwa tujuan Musrenbang RKPD tahun 2024 ialah, melakukan sinkronisasi prioritas pembangunan mulai dari Musrenbang tingkat pekon.

Musrenbang Kecamatan, Konsultasi Publik dan forum gabungan perangkat daerah dengan rancangan rencana kerja (renja) tahun 2025.

Lalu merumuskan isu isu dan permasalahan pokok pembangunan, yang berkembang dalam dokumen RKPD tahun 2025.

Ketiga ialah merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran tahun 2025, yang bersinergi dengan kebijakan umum anggaran prioritas plafon pembangunan provinsi Lampung.

"Kegunaan Musrenbang Kabupaten Tanggamus 2024 adalah sebagai acuan, dalam program kegiatan pembangunan Tanggamus tahun 2025, sasaran Musrenbang Tanggamus yakni tercapainya perencanaan pembangunan optimal dengan mudah, memadukan berbagai aspirasi yang ada di masyarakat,"paparnya. (*)

 

 

 

Sumber: