5 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh, Mulai Dari Mengatasi Bisul Hingga Mengobati Darah Tinggi

5 Manfaat Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh, Mulai Dari Mengatasi Bisul Hingga Mengobati Darah Tinggi

Ciplukan merupakan salah satu tumbuhan liar yang memiliki banyak manfaat. Foto Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID- Ciplukan merupakan salah satu tumbuhan liar yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat mengatasi diabetes.

Tumbuhan liar yang bernama latin Physalis angulata dan Physalis minima ini mengandung vitamin C, asam sitrat, physaline, gula, tanin, cryptoxanthin, asam malat dan alkaloid.

Pada akar dan batang, mengandung saponin dan flavonoid. Sedangkan bagian daunnya mengandung polifenol dan asam klorogenat.

Sementara biji ciplukan mengandung asam elaidat, zat dan senyawa yang terdapat pada ciplukan, oleh karena itu dipercaya tanaman ini mampu mengobati berbagai gangguan kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Berikut beberapa manfaat ciplukan untuk kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Batu Ginjal 

Ciplukan bisa untuk mengatasi penyakit batu ginjal. Cara mengobati batu ginjal, dengan buah Ciplukan adalah gunakan campuran 10 gram ciplukan kering, 15 gram bawang dayak kering, 15 gram meniran kering, 15 gram kumis kucing kering, 30 gram keji beling kering dan 10 gram daun sendok kering. 

Campuran tersebut kemudian direbus dalam lima gelas air dan ditunggu beberapa saat hingga air rebusan meresap menjadi tiga gelas. Saring, lalu minum tiga kali sehari. 

2. Mengatasi Diabetes Melitus

Ambil satu buah pohon Ciplukan, cabut dari akarnya lalu cuci bersih, keringkan, setelah kering, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring dan minum sehari sekali.

3. Sakit Paru-paru, batuk rejan, bronkitis (radang saluran napas), gondongan (parotitis), buah zakar bengkak (orchitis).

Ambil seluruh pohon ciplukan beserta buah, daun, batang dan akarnya, cuci bersih, rebus dengan air 3-5 gelas, saring dan minum 1 gelas dengan masing-masing diminum 3 kali sehari.

4. Atasi Bisul

Ambil setengah genggam daun ciplukan yang sudah dicuci bersih dan ditumbuk halus. Tempelkan pada bisul, lalu dibalut. Diganti 2 kali sehari.

Sumber: