Gerak Cepat Pj Bupati Tanggamus Atasi Bencana dan Berikan Bantuan Bagi Korban Terdampak

Gerak Cepat Pj Bupati Tanggamus Atasi Bencana dan Berikan Bantuan Bagi Korban Terdampak

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengumpulkan sejumlah Kepala OPD guna membahas progres penanganan banjir dan tanah longsor, Kamis 30 Mei 2024. Foto Andriansyah --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pasca bencana yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Tanggamus,pemkab setempat langsung bergerak cepat untuk menanggulangi serta memberikan bantuan bagi korban terdampak.

Menurut Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, total ada 10 kecamatan terdampak yaitu Talang Padang,Ulubelu,Gunung Alip,Pulaupanggung,Air Naningan,Kota Agung Barat,Kota Agung Timur,Bandar Negeri Semuong dan Semaka.

"Untuk yang terdampak parah yaitu Talangpadang bencana banjir bandang, di Ulubelu dan Air Naningan longsor sampai ada korban jiwa. Lalu banjir di Talang Padang berdasarkan data dari BPBD ada 416 rumah terdampak,"kata Mulyadi Irsan.

Mulyadi Irsan membantah isu yang berkembang bahwa Pemkab Tanggamus lamban dalam menangani bencana.

"Jumat malam kejadian banjir di Talang Padang, paginya tim camat bersama BPBD turun ke lokasi. Saya juga turun untuk mencari tahu dan mempelajari penyebab banjir. Lalu kita juga telah mendirikan dapur umum, posko kesehatan dan dinas sosial membantu suplay logistik,"ujar Mulyadi Irsan.

Dilanjutkan Mulyadi Irsan bahwa dalam mengatasi longsor di Datarajan Kecamatan Ulubelu, pihaknya juga berkoordinasi dengan Pemprov Lampung,hasilnya, Pemprov Lampung membantu dengan mengirimkan alat berat.Begitu juga dengan jajaran forkopimda yang membantu penanganan bencana.

"Pemprov kirim tiga alat berat,dari kita dua,dan bantuan dari PT.PGE Area Ulubelu ada dua sehingga ada tujuh alat berat yang diterjunkan untuk membersihkan material longsor sehingga isolasi bisa terbuka.Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pak dandim dan pak kapolres yang sudah saling  bahu-membahu menyikapi agar situasi bisa dikendalikan,"terang Pj bupati.

Selanjutnya kata Pj Bupati Tanggamus, saat ini Pemkab Tanggamus sudah menyusun perencanaan untuk membantu warga yang terdampak bencana.

"Untuk empat orang meninggal dunia akibat bencana, Pemkab Tanggamus akan memberi santunan sebesar Rp5 juta kepada keluarga. Sedangkan untuk rumah rusak akan dibantu material,"pungkas Mulyadi Irsan.(*)

 

Sumber: