Patung Bung Karno Berbahan Perunggu Setinggi 7 Meter Akan Dibangun di Tamkot Kota Agung

Patung Bung Karno Berbahan Perunggu Setinggi 7 Meter Akan Dibangun di Tamkot Kota Agung

Taman Kota Ir Soekarno Kota Agung. Foto Rio--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pemkab Tanggamus akan melakukan revitalisasi ruang terbuka hijau (RTH) Taman Ir.Soekarno yang terletak di jantung ibu Kota Kabupaten Tanggamus tepatnya di Kelurahan Kuripan Kecamatan Kota Agung.

RTH Ir.Soekarno sendiri merupakan lokasi bersejarah, sebab Presiden pertama RI Ir.Soekarno pernah menyampaikan pidato kenegaraan sehingga untuk mengenang peristiwa tersebut dibuat tugu, namun  tampilannya masih sangat sederhana.

Revitalisasi RTH Ir Soekarno Kota Agung atau yang ada sering disebut oleh masyarakat taman kota (Tamkot) ini, pada tahun 2024 masuk dalam salah satu prioritas Pemkab Tanggamus.

Pemugaran RTH, Taman Ir.Soekarno ini dalam upaya untuk meningkatkan kualitas ruang publik dan mewujudkan visi pembangunan yang berkelanjutan. Maka dari itulah sejumlah langkah konkret telah disusun untuk memperindah dan memperluas fungsi dari RTH tersebut.

BACA JUGA:Tokoh Masyarakat Dukung Revitalisasi Taman Kota Kota Agung

BACA JUGA: Sekda Tanggamus Sebut, Minimnya PAD dan Transfer Pusat Jadi Penyebab Usulan Prioritas Tidak Terakomodir

Pj Bupati Tanggamus,Mulyadi Irsan mengatakan revitalisasi Tamkot Ir.Soekarno Kota Agung ini untuk memberikan wadah dan sarana bagi masyarakat berkumpul, berkreativitas, sarana rekreasi keluarga dan sebagai pusat aktivitas masyarakat.

"Yang Pemkab Tanggamus lakukan adalah bagian untuk pembenahan kota,"ujar Mulyadi Irsan.

Dilanjutkan Pj bupati bahwa hadirnya sebuah RTH ini penting sebagai sarana masyarakat berkumpul, sebagai sarana hiburan.

"Kami akan lakukan pembenahan RTH, namun tidak merubah total dengan tetap melakukan sebagai fungsi pembangunan yang berkelanjutan,"ucap Mulyadi Irsan.

Ditambahkan Sekretaris Dinas PUPR Tanggamus Ari Yudha bahwa untuk tahun 2024 ini, pagu anggaran untuk revitalisasi RTH Ir Soekarno Kota Agung sebesar Rp1,9 Miliar yang dianggarkan dalam APBD Tanggamus.

"Tahap awal di 2024 anggaran yang disiapkan sebesar Rp1,9 Miliar. Nantinya di RTH dibuat banyak fungsi semisal pusat oleh-oleh, arena bermain anak,saat ini masih proses perencanaan,"ujar Ari Yudha.

Ari Yudha juga mengatakan bahwa untuk mengenang peristiwa bersejarah, maka akan dibuatkan Patung Ir.Soekarno yang merupakan Presiden pertama RI dan juga proklamator kemerdekaan RI."Patung bung Karno dibuat dari bahan perunggu setinggi kurang lebih 7 Meter,"kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa untuk melakukan pembenahan total RTH Soekarno Kota Agung dibutuhkan dana yang tidak sedikit, maka dari itu, proses revitalisasi dilakukan bertahap.

Sumber: