Sekda Tanggamus Sebut, Minimnya PAD dan Transfer Pusat Jadi Penyebab Usulan Prioritas Tidak Terakomodir

 Sekda Tanggamus Sebut, Minimnya PAD dan Transfer Pusat Jadi Penyebab Usulan Prioritas Tidak Terakomodir

Sekda Kabupaten Tanggamus Hamid H. Lubis saat memaparkan sejumlah usulan prioritas tidak terealisasi termasuk operasional bagi kendaraan di Dinas Damkarmat. foto Hanibal Batman--

 

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus, Hamid Heriansyah Lubis menyebut, keterbatasan anggaran jadi salah satu faktor utama sejumlah usulan prioritas.

Termasuk di dalamnya operasional kendaraan pemadam kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) tidak terealisasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda, di ruang kerjanya, Rabu 31 Januari 2024, ia mengatakan bahwa kondisi pasca pandemi covid 19 belum sepenuhnya normal.

Baik itu pendapatan asli daerah (PAD) maupun efisiensi anggaran yakni transfer dari pusat ke daerah berkurang dibandingkan dari tahun tahun sebelumnya.

Hal itu tentunya sangat memberikan pengaruh besar terhadap sejumlah kebutuhan prioritas sehingga tidak terakomodir.

BACA JUGA:Miris! Mobil Damkar dan Penyelamatan Tanggamus Minim Anggaran Perawatan

"Namun kita tetap berusaha, bagiamana pelan pelan berproses berkelanjutan melalui PAD, kondisi ini tidak hanya dirasakan oleh kabupaten Tanggamus, namun juga dirasakan oleh kabupaten/kota lain di Lampung,"katanya.

Secara keseluruhan di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) lanjutnya, terhitung Januari 2024 mulai mewanti wanti penghematan perbelanjaaan.

Sehingga hal hal yang sifatnya mendasar dan juga prioritas, termasuk salah satunya pemeliharaan operasional kendaraan damkar bisa terbayar.

"Karena bukan tidak dianggarkan, tetapi pada saat realisasinya, kalaupun ada tetapi hanya beberapa, ataupun anggarannya tidak keluar sama sekali,"terangnya.

Sehingga daripada itu ia menerangkan, dalam beberapa hari belakangan ini pihaknya, melalui badan pengelola keuangan daerah (BPKD).

Telah melakukan pemetaan kebutuhan skala prioritas dasar, tidak hanya operasional damkar saja melainkan meliputi semua aspek pelayanan dasar prioritas baik itu listrik, internet dan lain sebagainya.

Sumber: