81.374 KPM di Tanggamus Terima Bantuan Pangan Beras Tahap III

81.374 KPM di Tanggamus Terima Bantuan Pangan Beras Tahap III

Pj Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan salurkan bantuan pangan beras, total 81.374 akan menerima bantuan tersebut. Foto Diskominfo --

 

PUGUNG--81.374 Keluarga Penerima Manfaaat (KPM) di Kabupaten Tanggamus, mendapatkan bantuan pangan beras tahap III, melalui pengelolaan cadangan pangan pemerintah (CPP).

Penyaluran bantuan secara simbolis dilakukan oleh Pj Bupati Tanggamus Lampung Ir Mulyadi Irsan, di Gudang Bulok Rantau Kijang Pugung. Kamis 15 Agustus 2023

Pj Bupati Mulyadi Irsan mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah mendukung ketersediaan pangan yang cukup bagi masyarakat.

"Ini sesuai dengan peraturan Badan Pangan Nasional Nomor 9 tahun 2023 tentang penyaluran cadangan pemerintah penerima bantuan pangan yakni masyarakat miskin, atau keluarga yang mengalami rawan pangan gizi,"kata Pj. Bupati.

 

Penyaluran bantuan ini, juga lanjutnya menindaklanjuti arahan presiden tentang perpanjangan penyaluran bantuan pangan, dimana bantuan kembali akan dilaksanakan untuk bulan Agustus, Oktober, dan Desember tahun 2024. 

Penyaluran cadangan pangan yang merupakan program Nasional, diberikan, sebagai upaya dari pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan ekstrim, kerawanan pangan dan gizi, menjaga stabilitas harga, dan pengendalian inflasi.

"Untuk Tanggamus penyaluran bantuan tahap I dan II telah dilakukan 29 Januari, dan 14 Mei 2024. Dan hari ini tahap ke III dengan jumlah 81.374 KPM, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat yakni Badan Pangan Nasional, Perum BULOG dan PT. POS Indonesia,"terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas KPTPH Kabupaten Tanggamus Catur Agus Dewanto menyampaikan.

Tujuan penyaluran CPP melalui pemberian bantuan pangan yakni, untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan.

Sekaligus sebagai upaya dalam mengentaskan kemiskinan, menangani kerawanan pangan, menanggulangi kekurangan pangan dan gizi.

Serta menurunkan stunting, mengendalikan gejolak harga pangan dan inflasi, serta melindungi produsen dan konsumen.

"Pelaksanaan bantuan ini sesuai juknis, dengan jumlah sasaran penerima sebanyak 81.374, tersebar di 20 Kecamatan 299 Pekon dan tiga Kelurahan,"tandasnya.

Sumber: