Diskes Tanggamus Dirikan 10 Posko Kesehatan Untuk Pelayanan Kesehatan Warga Terdampak Banjir Bandang

Diskes Tanggamus Dirikan 10 Posko Kesehatan Untuk Pelayanan Kesehatan Warga Terdampak Banjir Bandang

Tenaga kesehatan (Nakes) dari Diskes Tanggamus memeriksa kesehatan warga terdampak banjir Semaka Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Foto dok Diskes Tanggamus --

 

Dilanjutkan Bambang, untuk personel yang dilibatkan dalam posko kesehatan sebanyak 65 orang. Rinciannya 10 petugas kesehatan di Pekon Sudimoro,39 petugas di Sukaraja dan 16 siaga di sekitar Pondok Pesantren Way Liwok.

 

 

"Tiap posko ada tiga tenaga medis terdiri dari dokter bidan,perawat dan tenaga kesehatan lainnya,"jelasnya.

 

 

Masih kata Bambang, selain membuka posko kesehatan, puskesmas juga membuka posko 24 jam untuk mengantisipasi pelayanan rujukan dari pekon apabila ada masyarakat yang perlu mendapatkan pelayanan di puskesmas

 

 

"Kami juga membagikan kaporit kepada masyarakat untuk sumur dan sumber air bersih yang terdampak banjir persisnya pekon yang terdampak di wilayah kerja puskesmas Sukaraja dan Sudimoro,"ucapnya.

 

 

Kemudian saat disinggung mengenai keluhan dari warga terdampak banjir bandang, Bambang menyebut jika rata-rata masyarakat yang datang ke posko kesehatan mengeluhkan pegal-pegal, gatal-gatal,reumatik,chepalgia, dermatitis kontak, gastritis, dermatitis atopik, flu, diare dan hipertensi.

 

Sumber: