Dua Tokoh Lampung Yang Terlupakan. Padahal Berperan Besar Di Tanah Lampung

Dua Tokoh Lampung Yang Terlupakan. Padahal Berperan Besar Di Tanah Lampung

Sejarah pahlawan lampung. Foto Zepta Heryadi--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Dua orang tokoh pahlawan asal Teluk Semangka ini nampaknya tidak setenar Raden Intan II. Padahal dalam sejarahnya Batin Mengunang dan Dalom Mangku Negara mempunyai pran besar dalam melakukan perlawanan terhadap belanda. 

 

Sejauh ini kisah perlawanan rakyat Lampung kepada Belanda selama ini yang diketahui masyarakat luas hanya  Raden Intan II. 

 

Sementara masyarakat mungkin belum mengenal dua tokoh patriotik pembela bangsanya, yakni pejuang Batin Mangunang dan Dalom Mangkunegara. 

 

Dalam sejarahnya perjuangan rakyat Lampung dalam melawan kolonialisme terlihat jelas dari kepemimpinan dua tokoh tersebut. 

 

Dalam perjuangannya Raden Intan II lebih terfokus di sekitar Gunung Rajabasa saat ini menjadi Kota Bandar Lampung, notabennya Ibu Kota Provinsi Lampung. 

 

Sedangkan Batin Mangunang serta Dalom Mangkunegara lebih fokus melawan penjajah belanda di medan pertempuran sekitar Teluk Semangka, Kabupaten Tanggamus. 

 

Menurut beberapa sumber perlawanan yang dilakukan oleh Batin Mangunang terjadi pada tahun 1828, bersama pasukannya berangkat dari Teluk Semangka melalui perbukitan menuju Teluk Lampung. Beradsarkan catatan Depdikbud 1994:55.

Sumber: lampung hebat