Ternyata Negara Ini Pertama Kalinya Menciptakan Zebra Cross

Ternyata Negara Ini Pertama Kalinya Menciptakan Zebra Cross

Fungsi utama zebra cross. Foto net--

 

Fungsi kedua bagi pengemudi baik itu motor, truk, bus dan juga mobil wajib memperlambat jalan ketika mendekati marka jalan ini. Bukan hanya ketika berada di dekat lampu merah saja. 

 

Pengendara wajib menurunkan kecepatan saat melihat zebra cross. Jika ada orang yang menyebrang maka berhenti dan dahulukan pejalan kaki. Kemudian jangan membunyikan klakson saat pejalan kaki melintas, apalagi memburu pejalan kaki agar cepat menyebrang. 

 

Jika di negara lain fungsi zebra cross sangat ketat contohnya di Inggris, Amerika, Jepang dan negara lainnya. Negara tersebut bahkan telah menambahkan rambu lalu lintas khusus pejalan kaki di lampu merah. Biasanya rambu-rambu dengan ikon orang berjalan berwarna hijau menandakan pejalan kaki dapat menyebrang. 

 

Ada juga rambu dengan ikon orang yang berdiri tegak dan ketika lampu rambu menyala merah yang artinya belum boleh menyeberang.

 

Beberapa negara bahkan menerapkan sanksi yang sangat tegas bagi kendaraan yang menabrak manusia atau hewan di zebra cross. Oleh karena itulah pengemudi akan tetap mematuhi marka jalan yang satu ini. 

 

Hal tersebut juga berkaitan dengan sanksi yang belum tegas ditegakkan bagi pengendara yang menabrak di atas zebra cross. Bagi Anda yang sudah paham akan fungsinya, mulailah untuk merubah kebiasaan berkendara ketika melewati zebra cross. 

 

Aturan Pemasangan atau Pembuatan Zebra Cross

Zebra cross adalah garis membujur dengan warna putih dan hitam, ukuran ketebalan garisnya adalah 300mm dan celah yang sama dengan panjang 2500 ml. Pemasangan zebra cross tidak boleh sembarangan karena ada aturannya tersendiri. 

Sumber: