Dinilai Berhasil Kembangkan KUR, Arinal Diganjar Penghargaan KUR Award 2023

Dinilai Berhasil Kembangkan KUR, Arinal Diganjar Penghargaan KUR Award 2023

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi terima penghargaan KUR Award 2023. Foto ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Arinal mendapat Kredit Usaha Rakyat (KUR) Award tahun 2023 dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto.

Penghargaan tersebut diraih Arinal setelah dinilai berhasil mengembangkan KUR yang diimplementasikan di sektor pertanian di Provinsi Lampung.

Upaya Gubernur Arinal ini merupakan strategi sukses menuju lumbung pangan nasional. Selain KUR Award, Provinsi Lampung juga mendapatkan penyaluran KUR untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari Menko Perekonomian.

BACA JUGA:Tawarkan Program Bunga 0,66%, Astra Financial Optimis Lampaui Lebih dari Rp 2 T di GIIAS 2023

Penghargaan itu diterima langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Pos Bloc, Jakarta Pusat, Rabu (9/8).

Hasil penilaian program KUR 2022 memberikan apresiasi kepada tiga provinsi dengan pencapaian terbaik. 

Provinsi Jawa Tengah meraih Juara I, disusul oleh Jawa Timur sebagai juara II dan Provinsi Lampung berhasil menempati peringkat ketiga.

BACA JUGA:Bupati Tanggamus Lepas Kontingen Tanggamus Yang Ikut Raimuna Nasional 2023

"Saya merasa senang dengan penganugerahan ini karena Lampung selalu optimistis dapat menjadi provinsi lumbung pangan dan provinsi lokomotif pertanian di Indonesia," kata Arinal dalam sambutannya.

Dijelaskan Arinal, bahwa Lampung memiliki penduduk sekitar 9,7 juta jiwa dengan luas wilayah sekitar 3,5 juta hektar, dengan 30 persen wilayah berupa hutan kawasan pemberdayaan yang belum merata. 

Dalam upaya untuk mencapai daerah lumbung pangan dan lokomotif pertanian di Indonesia tersebut, Arinal memilih arah kebijakan yang berfokus pada kebutuhan pangan di Lampung, dengan mengimplementasikan KUR sebagai alat untuk mewujudkannya.

BACA JUGA:Siapa Berminat, Pemkab Tanggamus Buka Lowongan Posisi Dirut, Dewan Pengawas dan Direktur BPR Syariah Tanggamus

"Sesuai perintah Bapak Presiden maka saya mengambil keputusan untuk menentukan arah kebijakan terhadap kebutuhan pangan yang ada di Lampung. Alhamdulillah Lampung surplus berkat KUR," sebut Arinal.

Gubernur Lampung yakin bahwa KUR memiliki potensi untuk meningkatkan produksi pertanian di provinsinya. 

Sumber: