Targetkan Kabupaten Tanggamus Menjadi Lumbung Peternakan

Targetkan Kabupaten Tanggamus Menjadi Lumbung Peternakan

Targetkan Tanggamus menjadi lumbung peternakan. Foto Net--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanggamus Hamid H. Lubis berambisi kedepan kabupaten berlogo Begawi Jejama ini. 

Tidak hanya lumbung pertanian, perkebunan dan perikanan, tapi juga menjadikan wilayah ini sebagai lumbung pangan dalam sektor peternakan.

"Target kita kedepan Tanggamus menjadi wilayah unggulan pengembangan hewan ternak salah satunya Sapi dan Kambing"katanya.

Mantan Camat Gisting ini melanjutkan, usaha peternakan merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pendapatan keluarga. 

Untuk memacu ketahanan pangan dalam sektor peternakan, pemerintah Kabupaten Tanggamus melalu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan sejak tahun lalu telah memberikan bantuan ternak sapi dan kambing kepada sejumlah kelompok ternak.

"Ya program peningkatan produksi hasil peternakan sudah mulai berjalan.

Alhamdullah manfaatnya sangat besar,"terangnya. 

Masih kata Lubis program ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah yang akan langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Dalam mengembangkan hewan ini para kelompok ternak juga mendapatkan pendampingan dan pengawasan secara rutin,"ujarnya. 

Masih kata Sekda program pengembangan hewan ternak Sapi tersebut berjalan sejak beberapa tahun lalu. 

Saat ini bantuan yang diserahkan ke kelompok ternak itu sudah membuahkan hasil, dimana sebagian sudah mulai bunting.

"Alhamdullah bantuan Sapi yang kita serahkan tahun lalu sudah beranak. Mudah-mudahan ini solusi dalam membantu ekonomi masyarakat,"katanya. 

Ia melanjutkan, salah satu Sapi yang sudah membuahkan hasil itu milik kelompok ternak Suka Maju Kecamatan Kotaagungtimur. Ini artinya bantuan tersebut diserahkan ke kelompok yang tepat.

"Ya kalau masalah pendampingan langsung dari kita. Masyarakat terutama kelompok merasa terbantu dengan program ini, sehingga kedepan akan ditingkatkan lagi,"pungkasnya. (*)

Sumber: bantuan peternakan