Executive Forum SEVIMA Kupas Strategi Kampus Untuk Meningkatkan Penyerapan Lulusan

Executive Forum SEVIMA Kupas Strategi Kampus Untuk Meningkatkan Penyerapan Lulusan

Bersama Prof. Rhenald Kasali dan Para Pakar mengupas strategiKampus Untuk Meningkatkan Penyerapan Lulusan --

 Para Rektor kampus ternama, pejabat, serta pakar pendidikan dijadwalkan akan hadir dalam Executive Forum SEVIMA. Antara lain Prof. Rhenald Kasali (Pendiri Rumah Perubahan), Bapak Mahir Bayasut (Ketua Forum CSR Nasional & Ketua Kedaireka Kemdikbudristek), Akhwanul Akhmal (Ketua Umum Perkumpulan Politeknik Swasta se-Indonesia), Laksamana Madya Purn Agus Setiadji (Ketua STIE Bisnis Indonesia & Mantan Sekjen Kementerian Pertahanan).

 

“Dengan menghadirkan tokoh-tokoh berpengaruh dalam dunia pendidikan, seminar diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pimpinan perguruan tinggi untuk meningkatkan penyerapan lulusan, di tengah tantangan disrupsi teknologi dan ketatnya persaingan dunia kerja,” ungkap Sugianto Halim.

 

Tema utama yang diusung dalam Executive Forum SEVIMA dalam pembahasan nantinya bertajuk “Strategi Sukses Memimpin Kampus Berbasis Outcome Based Education (OBE)”. OBE sendiri adalah pendekatan kurikulum pendidikan yang berfokus pada hasil pembelajaran (outcome), bukan hanya sekadar teori atau materi yang bersifat hafalan saja.

 

Dengan penerapan OBE ini kurikulum kampus dapat lebih disesuaikan untuk pengembangan kompetensi mahasiswa yang dapat membuat mereka siap menghadapi persaingan global. Karena hasil akhir penilaian kurikulum berbasis OBE ini tidak hanya berupa angka saja, tetapi juga melibatkan perancangan kurikulum, penetapan tujuan dan capaian pembelajaran, strategi pengajaran yang inovatif, serta metode penilaian yang sesuai.

 

Atas dasar tersebut, berbagai topik yang mengacu pada tema besar OBE akan dikupas dalam Executive Forum SEVIMA nantinya. Contohnya Prof. Rhenald Kasali, yang akan membahas bagaimana kepemimpinan perubahan (Change Leadership) yang telah dipopulerkannya dalam buku "Bisa Mengubah Paradigma Pendidikan di Kampus Menjadi Berbasis OBE". Bapak Mahir Bayasut selaku Ketua Forum CSR Nasional, yang akan membahas "Bagaimana kampus berkolaborasi dengan dunia industri dan meraih hibah".

 

Dalam Executive Forum SEVIMA, juga akan diluncurkan Modul Outcome Based Education (OBE) sebagai salah satu fasilitas yang dapat membantu kampus dalam mengimplementasikan kurikulum OBE pada proses pembelajarannya.

Bersama-sama dengan modul penunjang lain seperti modul Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan juga modul Tracer Study dan modul Karirlink sebuah platform pencarian kerja bagi fresh graduate. 

Sehingga pengguna SEVIMA Platform yang terdiri atas lebih dari 900 perguruan tinggi dan total 3 juta pengguna mulai dari mahasiswa, dosen, hingga operator kampus, dapat langsung mengimplementasikan outcome based education secara mudah, terdigitalisasi, dan terintegrasi.(*)

Sumber: