Perkembangan AI Menuai Pro Kontra di Kalangan Ahli, Ini Kata Pakar Komunikasi UGM

Perkembangan AI Menuai Pro Kontra di Kalangan Ahli, Ini Kata Pakar Komunikasi UGM

--

Tania mencontohkan penerapan AI di industri komunikasi adalah iklan. Saat ini AI digunakan untuk mengakses konten media.

 

"Ini menjadi salah satu contoh yang familiar kita temui. Ketika kita membuka suatu website, bisa jadi iklan yang saya terima dengan yang anda terima itu berbeda walaupun websitenya sama," jelasnya.

 

Automatisasi AI untuk memenuhi kebutuhan individu secara khusus inilah, menurut Tania yang membuat AI banyak dipakai dalam industri.

 

Ditambahkannya, saat ini terdapat empat hal utama yang menjadi tantangan berkembangnya AI. Pertama adalah proteksi konsumen terhadap produk dan layanan yang digunakannya.

 

"Kedua adalah misinformasi, kita sudah sangat sering mendengar hoax. Lalu news diversitu, yaitu personalisasi berita yang memungkinkan institusi berita dan audiens sama-sama meraih keuntungan," katanya.

 

Yang terakhir adalah online targeting dan community standard. Layanan AI yang cenderung melakukan personalisasi informasi ini menyebabkan individu terpapar banyaknya informasi sejenis.

 

"Sehingga muncul hambatan untuk mendapatkan informasi yang berbeda. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa hoax saat ini sangat mudah tersebar," pungkasnya. (mar/rls/*)

Sumber: