6 Manfaat Rumput Belulang Untuk Kesehatan Yang Kerap Dianggap Hanya Tumbuhan Liar

6 Manfaat Rumput Belulang Untuk Kesehatan Yang Kerap Dianggap Hanya Tumbuhan Liar

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Rumput belulang yang memiliki nama  latin eleusine indica adalah salah satu jenis rumput yang sering kita temui di Indonesia tetapi belum banyak orang yang belum mengetahui manfaatnya.

Rumput ini memiliki sebutan lain di setiap daerahnya masing- masing Carulang atau jampang adalah sebutan rumput belulang di daerah Sunda serta suket lulangan untuk di daerah Jawa.

Tanaman ini hidup dengan baik di daerah yang hangat maupun basah dan serta dapat tumbuh dengan baik di daerah terbuka.

Tumbuhan ini basanya banyak kita temui di area pesawahan, kebun, pinggir jalan, bahkan di jalan setapak bukan hanya sekedar rumput liar biasa rumput belulang ternyata mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Apa aja sih manfaat dan khasiat rumput belulang ini  yuk mari kita simak:

1. Membersihkan Ginjal

Kandungan yang dimiliki rumput belulang ini diyakini bisa membersihkan ginjal sertac ara mengolahnya pun cukup mudah.

Cukup gunakan 1 kg rumput belulang yang belum berbunga Kemudian cuci bersih lalu buang akarnya, haluskan dengan blender.

Atau bisa juga dijadikan sebagai teh herbal Rebus dengan 5 gelas air lalu saring lalu saring dan minum selagi masih hangat

Jika 5 gelas air sudah habis, anda bisa tuang 3 gelas lagi air lalu rebus kembali dan buang ampasnya.

Jika batu ginjal anda belum keluar pada keesokan paginya melalui buang air kecil, anda bisa mengulanginya sampai 2-3 hari secara berturut-turut.

2. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Kanker Sifat antioksidan serta antibakteri pada rumput belulang ini, ternyata bisa  mencegah sel kanker dan berkembang di dalam tubuh, anda hanya perlu rutin untuk  mengonsumsi teh seduhan rumput belulang tersebut. 

Kandungan tersebut juga ditemukan bahwa ekstrak rumput kawat dan D.

Sumber: