Ini 9 Manfaat Konsumsi Bunga Rosella Untuk Kesehatan Salah Satunya Adalah Obat Batuk Pilek

Ini 9 Manfaat Konsumsi Bunga Rosella Untuk Kesehatan Salah Satunya Adalah Obat Batuk Pilek

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Bunga rosella atau sering disebut dengan hibiscus sabdariffa merupakan tanaman yang tumbuh di wilayah afrika barat, karibia, dan amerika tengah. 

 

Kelopak bunga ini memiliki warna coklat kemerahan serta bentuknya yang hampir mirip seperti kembang sepatu.

 

Tanaman herbal ini banyak mengandung dipercaya protein, tiamin, riboflavin, kalsium, zat besi, dan vitamin c yang  sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

Bunga rosella adalah bunga yang termasuk banyak mengandung zat besi. Vitamin c. Serta kalcium,dan nutrisi baik

khasiat tersebut bisa bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta dapat mencegah kanker dan batuk pilek.

 

Jika anda rutin konsumsi bunga rosella ini, ini akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh anda dan melindungi dari berbagai penyakit.

 

Yuk mari kita simak bersama manfaat dan khasiat bunga rosellla.

 

1. Menurunkan tekanan darah 

 

lonjakan tekanan darah di dalam tubuh iniakan menjadi salah satu sumber masalah bagi kesehatan  yang serius, seperti jantung, stroke, gagal jantung, serta  penyakit ginjal. 

 

Dalam sebuah uji klinis, mengonsumsi teh bunga rosella sudah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh manusia.

 

Meski telah terbukti bermanfaat, ini masih perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk memastikan kegunaan ini.

 

2. Menurunkan kolestrol

 

kolesterol merupakn jenis lemak yang berfungsi membangun dinding dalam sel (membran sel) dalam tubuh. 

 

Meskipun bermanfaat, jika kadarnya melebihi batas normal, maka kolesterol akan menumpuk dalam pembuluh darah.

 

Dampaknya, kolesterol akan membentuk plak yang berpotensi hingga menyumbat pembuluh darah untuk menurunkan kadarnya, anda dapat konsumsi teh dari bunga rosella tersebut.

 

Beberapa studi klinis membenarakan bahwa hibiscus sabdariffa  bisa menurunkan kadar kolesterol, meski efeknya cuma sedikit. 

 

Para ahli juga mengatakan bahwa bunga ini bisa membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat.

 

3. Mendukung penurunan berat badan

 

para penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak rosella dapat mendukung penurunan berat badan sehingga sangat efektif untuk mencegah obesitas. 

 

Namun hal ini masih belum pasti apakah konsumsi bunga rosella secara langsung sebagai teh bisa memberikan hasil yang sama. 

 

4. Melawan bakteri

 

ekstrak bunga rosella juga dapat mengendalikan jenis bakteri tertentu dalam tubuh atau yang  bersifat antimikroba.

 

Ini adalah kemampuan suatu zat untuk melawan sekaligus dapa menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab infeksi atau penyakit.

 

Beberapa jenis mikroorganismenya, termasuk bakteri, virus, jamur, dan parasit.

Meskipun bunga ini sudah pasti memiliki sifat antibakteri, tapi para peneliti masih mempelajari efektivitasnya pada manusia melalui berbagai uji klinis.

 

5. Menjaga kesehatan hati

 

manfaat bunga rosella selanjutnya yaitu dsapat menjaga kesehatan hati dan fungsi ini berasal dari ekstrak bunga yang bekerja untuk melindungi organ hati dari paparan racun penyebab penyakit hati. 

 

Studi dalam food & function journal menjelaskan bahwa mengonsumsi tanaman ini selama 12 minggu dapat memperbaiki steatosis hati atau hati berlemak.

 

Masalah kesehatan ini muncul dengan gejala berupa penumpukan lemak berlebihan dalam sel hati. Kondisi ini bisa menyebabkan peradangan dan kerusakan serta berujung pada gagal hati.

 

6. Mencegah kanker

 

hibiscus saudariffa yang mengandung senyawa yang bisa mencegah kanker, yaitu polifenol. 

 

Sebuah studi menunjukan adanya efek potensial ekstrak rosella pada sel kanker salah satunya adalah efektivitasnya dalam mencegah penyebaran sel kanker prostat pada manusia. 

 

Sementara itu, studi ilmiah lainnya juga  menemukan bahwa ekstrak bunga dan bagiannya ini terbukti bisa dapat menghambat pertumbuhan sel kanker lain.

 

Termasuk kanker payudara, perut, dan kanker kulit namun juga  perlu kamu ketahui bahwa studi tersebut menggunakan ekstrak tanaman dalam jumlah yang tinggi.

 

Ini artinya, penelitian pada manusia masih diperlukan evaluasi, terutama pengaruhnya terhadap kanker.

 

7. Membantu kesehatan pencernaan 

 

Mengkonsumsi rosella dalam bentuk suplemen bersifat diuretik dan tonik yang baik untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan. 

 

Sebab, keduanya bisa membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil dan besar karena ini, anda dapat  terhindar dari sembelit, bahkan kanker kolorektal.

 

8. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

 

Hibiscus sabdariffa kaya akan asam askorbat ini adalah senyawa kimia yang populer dengan sebutan vitamin c.Nah nutrisi ini sangat penting dalam  meningkatkan dan merangsang aktivitas kekebalan tubuh.

 

 

Bukan hanya itu saja dosis ringan pada tanaman ini juga mempunyai sifat antibakteri dan antiinflamasi serta antioksidan yang tinggi.

 

Dengan begitu, rosella bisa membantu untuk  melindungi dari berbagai penyakit akibat bakteri atau virus, seperti flu selain itu, tanaman ini juga bisa mengatasi ketidaknyamanan akibat demam.

 

9. Menjaga kesehatan kulit

 

Manfaat yang terakhir ialah dapat menjaga kesehatan kulit karana ekstrak bunganya memiliki sifat antiinflamasi serta  antioksidan yang tinggi karena bisa membantu mengurangi peradangan dan  jerawat sekaligus meningkatkan kecerahan kulit.

 

Itulah beberapa manfaat dari bunga rosella untuk kesehatan tubuh yang jarang di ketahui oleh banyak orang.(*)

Sumber: