8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

8 Khasiat Daun Pegagan Untuk Kesehatan Salah Satunya Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak

Foto Ilustrasi net/Lazada--

2. Mengatasi luka pada dinding perut 

Manfaat daun pegagan salah satunya ialah memiliki sifat anti-ulcer sifat ini ialah kemampuan daun pegagan mengatasi dapat luka pada dinding perut dan usus dua belas jari. 

3. Memiliki sifat diuretik 

Manfaat daun pegagan juga mempunyai sifat diuretik atau peluruh kencing selain itu, juga daun pegagan juga mempunyai efek farmakologis anti-racun, penurun panas, antilepra dan antisifilis. 

4. Mengurangi peradangan pada kulit

Manfaat daun pegagan juga dipercaya  dapat mengurangi peradangan pada kulit daun pegagan mengandung senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkai daun. 

Senyawa tersebut memiliki efek antiinflamasi dan antikeloid yang bisa mengurangi peradangan pada kulit, seperti pada kondisi psoriasis dan dermatitis.

5. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat daun pegagan juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan triterpenoid dan saponin pada daun pegagan ini bisa memacu proses penyembuhan luka agar penyembuhan lebih cepat. 

Senyawa ini mempercepat penyembuhan luka dengan cara memproduksi kolagen  dan meningkatkan kadar antioksidan.

Selain itu, khasiat daun pegagan juga bisa memperkuat jaringan kulit serta dapat meningkatkan suplai darah ke area luka.

6. Sebagai anti penuaan

Manfaat daun pegagan juga bisa sebagai anti penuaan salah satu tanda penuaan ialah semakin berkurangnya kadar kolagen dalam kulit akibat faktor usia, juga disebabkan oleh paparan sinar matahari, ataupun pola hidup yang tidak sehat. 

Daun pegagan mampu ini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit dan memiliki kandungan antioksidan yang bisa melawan tanda-tanda penuaan.

Sumber: