Harga Beras Tinggi, Perum Bulog Diminta Lakukan Langkah

Harga Beras Tinggi, Perum Bulog Diminta Lakukan Langkah

Penyimpanan beras Bulog di Gudang Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Foto Radartanggamus--

Untuk kenaikan harga beras sebagai dampak dari cuaca ekstrem el-nino ini, di pasar tradisional Kota Metro, Lampung cukup signifikan.

BACA JUGA:Catat, Inilah 7 Sasaran Operasi Zebra 2023 dan Besaran Denda Bila Melanggar

Diterangkan oleh Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Metro, Elmanani, kenaikan harga beras sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Untuk beras kualitas medium misalnya, dijual dengan harga berkisar Rp 9-10 ribu, kini naik menjadi Rp 12.500 per kilogramnya.

 

“Iya, harga beras sudah sekitar dua pekan ini mulai naik. Untuk yang kualitas medium itu sekarang sudah menjadi Rp12.500 per kilogramnya,” kata Elmanani saat diwawancarai awak media, usai rakor di Aula Pemkot Metro, Rabu, (6/9).

 

Dimana untuk menekan kenaikan harga beras, Disdag Kota Metro akan bekerjasama dengan Bulog Subdivre Lampung Tengah, berencana akan segera menggelar operasi pasar secara kontinyu.

 

Dimana saat ini Bulog juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa kios dan toko di Kota Metro, agar dapat menjual berasnya di tempat pelaksanaan operasi pasar, dengan harga standar. Untuk stok beras yang ada di Bulog sendiri disebutkannya masih banyak dan masih sangat memadai untuk memenuhi pelaksanaan operasi pasar.

 

Berdasarkan data terakhir yang ada di Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, untuk rata-rata harga beras nasional mengalami kenaikan pertanggal 7 September 2023.Untuk harga beras kualitas medium satu naik senilai Rp 150 atau sebesar 1,08 persen. Kini dijual seharga Rp 14.000 perkilogram.

 

Untuk beras kualitas medium dua dijual seharga Rp 13.800 perkilogram juga naik Rp 150 atau sebesar 1,1 persen. Sedangkan untuk beras kualitas super satu  dijual seharga Rp 15.350 perkilogram atau naik sebanyak Rp 200 (1,32%) dan untuk harga beras kualitas super 2 berada diharga Rp 14.750 naik Rp 150(1,03%) perkilogramnya.(*)

Sumber: