Pastikan Kendaraan Laik Jalan, Pj Bupati Tanggamus Cek Ratusan Randis OPD

Selasa 06-08-2024,20:21 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Sebanyak 239 unit kendaraan dinas (Randis) milik Pemkab Tanggamus diperiksa dan dicek kalaikannya.

Kegiatan pemeriksaan randis ini berlangsung selama dua hari dari Rabu 6 Agustus 2024 hingga Kamis 7 Agustus 2024.

Apel randis yang berlangsung di Lapangan Pemkab Tanggamus itu dipimpin langsung Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.

Turut mendampingi Pj bupati Tanggamus, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Tanggamus Suaidi,Asisten Bidang Administrasi Sukisno,Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Tanggamus Okta Rizal dan Inspektur Tanggamus,Ernalia.

BACA JUGA:Lelang Randis, 23 Kendaraan Terjual

BACA JUGA:Pemkab Pringsewu Cek Randis Sepeda Motor

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengatakan,total 239 randis yang akan diperiksa tersebut berasal dari 29 organisasi perangkat daerah (OPD).

Adapun tujuan dilakukannya pemeriksaan randis, kata Pj bupati untuk memastikan kondisi kendaraan prima dan laik jalan sehingga semakin optimal dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat,karena pelayanan yang optimal tidak terlepas dari dukungan sarana dan prasarana (Sarpras)

"Pemkab Tanggamus mengevaluasi sejauh mana kondisi sarpras di OPD. Hal ini karena berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat. Kalau hasil evaluasi sarpras ada kekurangan dan jadi kendala bagi OPD tentu akan kita tingkatkan demi pelayanan prima ke masyarakat,"ujar Mulyadi Irsan.

Dari pemeriksaan randis ini kata Mulyadi,  bilamana terjadi ketidakseimbangan antara rasio kebutuhan kendaraan terhadap lembaganya akan menjadi bahan pertimbangan dan akan ditinjau kembali.

Juga menjadi bahan evaluasi sejauh mana situasi dan kondisi kendaraan yang ada berkaitan dengan usia dan kelaikan yang ada pada kendaraannya.

"Ini juga akan menjadi bahan pertimbangan dengan catatan nanti akan diperoleh kesimpulan untuk mencari solusi apakah, diperlukan pengadaan kembali ataupun dengan melakukan sewa kendaraan.Semua ini tidak lain untuk peningkatan terhadap penyelenggaraan pemerintah pada masyarakat,"ujar Pj bupati.

Mulyadi juga berpesan kepada pemegang randis untuk tetap merawat dengan sebaik-baiknya sebab randis merupakan aset negara, sehingga pemegangnya diharapkan punya rasa memiliki.

"Dari apel randis ini kita ingin melihat seperti apa kondisi di masing-masing OPD, sehingga aset yang dipercayakan lebih efektif dan efisien dimanfaatkan,jangan sampai tidak diimbangi dengan pemeliharaan,"pungkas mantan Kepala Bappeda Provinsi Lampung itu.

Kategori :