Optimalisasi Pengelolaan DD, Kejari Tanggamus Selenggarakan FGD

Senin 07-08-2023,22:03 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Admin

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tanggamus menggelar Forum Group Discussion (FGD) dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanggamus dan pekon binaan Kejari Tanggamus, Senin 7 Agustus 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kejari Tanggamus itu dibuka oleh Kepala Kejari Tanggamus, Yunardi. Turut hadir, Kepala Dinas PMD Tanggamus, Arpin, jajaran para Kasi di Lingkungan Kejari Tanggamus.

Lalu Camat Gisting Purwanti,Camat Kota Agung Erlan Deni Saputra, Camat Talang Padang Agustam Hamid, Camat Wonosobo Edy Fahrurrozi, Kacabjari Tanggamus di Talang Padang, Meryon Hari Putra,Kepala Pekon Kejayaan, Kepala Pekon Purwodadi, Kepala Pekon Terbaya, Kepala Pekon Kalisari, Kepala Pekon Kunyayan dan Kepala Pekon Soponyono.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Ada Syukuran Laut Semaka di Kabupaten Tanggamus Lampung

Kepala Kejari Tanggamus, Yunardi dalam sambutannya mengatakan,bahwa, tujuan diadakan acara tersebut adalah sebagai upaya menjalin sinergitas untuk optimalisasi pengelolaan dana desa (DD) dan optimalisasi pembagian BLT-DD melalui program-program pendampingan dan pengawalan pada Kejari Tanggamus, yaitu Program Rubikon (Ruang Bina Pekon) dan Program JAGA DESA (Jaksa Garda Desa). 

"Acara ini diadakan sebagai upaya kolaboratif agar pengelolaan DD dan penyaluran BLT-DD kepada masyarakat tepat sasaran dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sehingga optimalisasi tujuan pentingnya Program Rubikon dan Program Jaga Desa sebagai upaya mitigasi resiko penyebab penyalahgunaan Dana Desa,"kata Yunardi.

Kajari menjelaskan , dalam kegiatan FGD itu juga diisi dengan berbagai diskusi yang meliputi aspek hukum yang relevan dengan kegiatan pendampingan hukum (legal assistance) dengan menggunakan Instrumen Datun dan pengawalan hukum yang mengoptimalisasi peran Intelijen melalui Program Jaga Desa. 

BACA JUGA:Diperiksa 4 Jam, BW Oknum Anggota DPRD Tanggamus Akhirnya Ditahan Kejari Tanggamus

"Diskusi ini merupakan upaya kolaboratif antara Kejaksaan Negeri Tanggamus khususnya Bidang Datun dan Bidang Intelijen Kejari Tanggamus, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan seluruh pekon binaan Kejari Tanggamus, harus terus dibangun sehingga pembangunan desa melalui seluruh programnya dapat berjalan tepat waktu, tepat mutu dan tepat sasaran kemudian penyaluran BLT-DD dapat berjalan kondusif dan tepat sasaran," terang Yunardi.

Selama acara FGD berlangsung ,pihak Kejari Tanggamus, Dinas PMD serta pekon binaan Kejari Tanggamus, membahas berbagai topik dan isu terkait dengan pengelolaan Dana Desa dan penyaluran BLT-DD secara mendalam dan komprehensif.(*)

Kategori :