6 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Pencernaan

6 Manfaat Buah Lontar Untuk Kesehatan, Salah Satunya Baik Untuk Pencernaan

Manfaat buah lontar untuk kesehatan tubuh. Foto pixabay--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Buah lontar sekilas mirip dengan kolang-kaling. Akan tetapi buah yang satu ini memiliki rasa asam manis dengan tekstur yang kenyal seperti agar-agar. Sementara  buah kolang-kaling memiliki rasa lembut dan tekstur yang lebih padat.

Buah yang memiliki nama Borasus flabelifer ini kaya akan air. Jadi tidak heran jika buah ini kerap dijadikan pilihan pelepas dahaga saat cuaca panas. 

Selain itu, buah lontar juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan yang seperti serat dan berbagai vitamin dan mineral lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat buah lontar untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

1.Mengatasi Masalah Pencernaan

Bila kamu sedang mengalami sembelit, kamu bisa mencoba mengonsumsi buah lontar. Pasalnya, buah ini mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Dengan kandungan air dan serat yang tinggi, feses akan menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Jadi tidak heran bila buah ini bisa anda konsumsi ketika sedang mengalami kesulitan BAB.

2.Meredakan Kemerahan di Kulit

Selain dapat dimanfaatkan secara langsung, buah lontar ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional.

Tidak hanya itu saja, buah ini juga dapat membantu mengatasi peradangan kulit, seperti ruam dan biang keringat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda cukup menggiling daging buah lontar lalu mengoleskannya pada kulit. 

Buah ini diyakini dapat mengurangi kemerahan akibat dermatitis. Selain terasa dingin, buah lontar juga diketahui mengandung sifat anti inflamasi dan antibakteri yang berguna saat tubuh mengalami infeksi.

3. Menjaga Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Buah lontar mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan saponin. Antioksidan berperan dalam menetralisir dampak paparan radikal bebas.

Sumber: