8 Khasiat Kombinasi Jeruk Nipis dengan Bahan-bahan Lain yang Memiliki banyak Manfaat untuk Kesehatan

8 Khasiat Kombinasi Jeruk Nipis dengan Bahan-bahan Lain yang Memiliki banyak Manfaat untuk Kesehatan

Foto Ilustrasi/Instagram/@dianmaya931--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Jeruk nipis merupakan buah yang berasal dari genus Citrus yang memiliki nama ilmiah Citrus aurantiifolia. 

Jeruk nipis ini mempunyai ciri khas kulitnya yang hijau dan kekuningan hingga kuning pucat, bentuknya kecil dan bulat, juga rasanya yang asam dan segar.  

Jeruk purut adalah jeruk nipis kecil, bulat, asam yang yang digunakan untuk masakan Asia Tenggara.

Rata-rata jeruk nipis  berdiameter 2 inci ini  mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi. Jeruk nipis juga banyak mengandung sejumlah kecil vitamin dan mineral.

BACA JUGA:8 Khasiat Daun Keji Beling Untuk Kesehatan Salah satunya Bisa Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Jeruk nipis memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor, seng, vitamin B1, vitamin B2, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, vitamin E, vitamin D, dan vitamin K.

Pengobatan tradisional tersebut untuk meredakan batuk dan pilek, membersihkan kulit, dan  mempercepat penyembuhan luka, sertabmengatasi gangguan pencernaan, dan sebagai antiseptik alami.

Ada beberapa resep maupun ramuan alami untuk kombinasi jeruk nipis dengan bahan lain yang bermanfaat untuk tubuh.

BACA JUGA:11 Manfaat Daun Pepaya Jepang Untuk Kesehatan Atasi Berbagai Penyakit, Salah Satunya Penyakit Tifus

1. Jeruk nipis dengan Air Hangat 

Air jeruk nipis dengan hangat Kombinasi jus jeruk nipis dengan air hangat ini bisa  membantu membersihkan sistem pencernaan,

Serta dapat meningkatkan metabolisme, dan membantu dalam penurunan berat badan. Air hangat ini juga bisa membantu melarutkan lendir dan mengurangi batuk.

2. Jeruk Nipis dengan Jahe 

Kombinasi jus jeruk nipis dengan jahe mempunyai efek anti-inflamasi yang luar biasa, yang dapat membantu meredakan gejala pilek atau flu. Jahe juga bisa membantu memperlancar pencernaan. 

Sumber: