Bagi Anda Penderita Asam Lambung, Disarankan Hindari Konsumsi Lima Sayuran Ini

Bagi Anda Penderita Asam Lambung, Disarankan Hindari Konsumsi Lima Sayuran Ini

Bagi anda penderita asam lambung hindari sayuran ini. Foto ilustrasi/net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Ada beberapa macam buah dan sayuran terdapat kandungan yang dapat memicu asam lambung naik. 

Hal itu perlu diwaspadai terutama oleh penderita maag supaya asam lambung tidak kambuh. 

Penderita asam lambung adalah penyakit gangguan pencernaan yang ditandai dengan naiknya asam lambung. 

Asam lambung sendiri bisa naik hingga ke kerongkongan sebab katup antara kerongkongan dan lambung melemah atau mengalami gangguan. 

Gejala yang bisa muncul ketika asam lambung kumat seperti, Rasa nyeri dibagian ulu hati (heartburn), perasaan sensasi panas atau perih di bagian dada hingga kerongkongan, Rasa pahit dan asam yang muncul di pangkal tenggorokan.

Berikut sayuran yang perlu di hidari oleh penderita asam lambung

1. Kol serta Brokoli 

Sayuran yang bisa menyebabkan asam lambung naik yang pertama adalah kol. Kol atau kubis mampu menyebabkan terciptanya gas dalam lambung. 

Sehingga, asam lambung akan mengalami peningkatan bahkan naik hingga ke kerongkongan. Hal tersebut  karena kol termasuk makanan yang sangat sulit dicerna oleh sistem pencernaan sebab mengandung rafinosa, sehingga sulit dicerna bakteri saat melewati usus besar. 

Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi kol ketika penyakit lambung sedang kambuh. Seperti halnya terhadap kol, ternyata brokoli juga menjadi salah satu sayuran pemicu asam lambung sebab dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung.

2. Daun Seledri 

Sayuran pemicu asam lambung selanjutnya yakni seledri. Seperti brokoli, seledri termasuk sayuran yang mampu menghasilkan gas dalam perut, apabila produksi gas di dalam perut berlebihan, maka bisa menimbulkan gejala seperti mual dan nyeri. 

Maka dari itu, apabila kamu memiliki riwayat asam lambung atau sedang kambuh, lebih baik kami sarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari sayuran ini.

Sumber: