Rencana Pembangunan 3 Mega Proyek di Tanggamus, Pj. Bupati: Perbanyak Doa

Rencana Pembangunan 3 Mega Proyek di Tanggamus, Pj. Bupati: Perbanyak Doa

Pj. Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan menerima kunjungan jajaran PWI Tanggamus. Ia juga menerangkan beberapa rencana pembangunan termasuk 3 Mega proyek di Tanggamus. Foto protokol --

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pj. Bupati Tanggamus Ir. Mulyadi Irsan menanggapi terkait dengan progres pembangunan kawasan industri tanggamus (KIT), wacana jalan tol penghubung Lampung-Bengkulu melewati Tanggamus serta jalan lingkar Gisting-Kotaagung.

Ia mengatakan bahwa Kawasan Industri Tanggamus masuk dalam proyek strategis nasional (PSNA) yang telah ada dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) Presiden RI 2014-2019 dan 2020-2024.

Namun dalam perjalanannya Kawasan Industri Tanggamus tersebut ada kendala.

Antara pemilik lahan, sehingga diperlukan komunikasi satu arah antara pemilik lahan denga pemerintah daerah dan juga provinsi.

"Maka akan kita soundingkan kembali, mengapa? karena Pak Gubernur ingin mendorong Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu kekuatan ekonomi provinsi Lampung,"kata Pj. Bupati saat beraudendis dengan jajaran PWI Tanggamus diruang rapat kerjanya, Senin 9 Oktober 2023.

Ia menerangkan bahwa dicetuskannya Kawasan Industri di Sumatera salah satunya di Lampung Kabupaten Tanggamus.

Lantaran Presiden RI menginginkan pemerataan ekonomi disejumlah pulau baik sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya dan tidak hanya bertumpu di daerah pulau Jawa saja.

"Nah hanya saja terkendala lahan, inilah yang perlu langkah langkah, karena di Kawasan IT telah ada pemicunya, yakni pelabuhan batu balai,"ujarnya.

Gubernur Lampung menurutnya terus berupaya dan mendorong Pelabuhan Batu Balai dijadikan sebagai pusat pengiriman logistik, baik tujuan Pesisir Barat, Bengkulu dan Palembang.

"Kawasan Industri Tanggamus ini istilahnya Slow But Sure, mohon doanya nanti KIT ini bisa diwujudkan,"terangnya.

Jika Kawasan IT telah terwujud maka imbasnya akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat dan juga lapangan kerja akan terbuka luas.

Lalu terkait dengan informasi bahwa Kawasan IT di stop oleh pemerintah pusat, ia mengatakan bahwa Kawasan IT tidak di stop akan tetapi pemilik lahan masih melakukan pengkajian, lalu nantinya bermitra dengan operator.

"KIT itu tetap, di Indonesia ini tidak secepat itu, dan masing masing kawasan industri di Indonesia nanti akan didorong, kita berdoa sajalah dan yang terbaik untuk Tanggamus kedepan,"terangnya.

Sumber: