Pj Bupati Tanggamus: Santri Berperan Sebagai Pilar Keagamaan

Pj Bupati Tanggamus: Santri Berperan Sebagai Pilar Keagamaan

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menghadiri Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 yang dipusatkan di Lapangan Margodadi Kecamatan Sumberejo, Tanggamus. Foto Diskominfo Tanggamus --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Peringatan Hari Santri Nasional di Kabupaten Tanggamus dipusatkan di Lapangan Margodadi Kecamatan Sumberejo pada Minggu 22 Oktober 2023.

Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Tanggamus itu turut dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan.

Adapun tema peringatan Hari Santri Nasional tahun ini adalah “Jihad Santri, Jayakan Negeri”. Tema ini dipilih untuk merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan para pejuang.

Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

BACA JUGA:Melihat Sejarah Hari Santri, Peranan Santri dan Fakta Uniknya Apa Saja?

 

BACA JUGA:Ini Rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Kota Yogyakarta

Hal itu merujuk dari tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Mulyadi Irsan menekankan pentingnya peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan yang menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

"Hari santri bertujuan sebagai bahan refleksi bagi pemuda pemudi untuk terus meningkatkan kualitas diri para santri,"kata Mulyadi Irsan.

Ia  juga mengajak semua pihak untuk menjaga citra pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berakhlakul karimah dan menjadikan santri santri di Kabupaten Tanggamus menjadi santri yang agamis.

Turut hadir dalam kegiatan Peringatan Hari Santri di Sumberejo, yaitu Ketua PCNU Tanggamus HimSamsul Hadi, mantan Wakil Bupati Tanggamus,Hi. AM. Syafi'i, Kadis Kominfo Suhartono, Camat Sumberejo Suwarno, aparat pekon se Kecamatan Sumberejo dan para pengurus pondok pesantren.(*)

 

Sumber: