Viral di Media Sosial Semangka Dijadikan Sebagai Simbol Dukungan Terhadap Palestina,Simak Makna dan Sejarahnya

Viral di Media Sosial Semangka Dijadikan Sebagai Simbol Dukungan Terhadap Palestina,Simak Makna dan Sejarahnya

Foto Istimewa/ Intagram--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Di tengah perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan terhadap Israel, Ramai diperbincangkan di Media Sosial mengenai semangka yang dijadikan simbol dukungan terhadap Palestina, di tengah perang melawan Israel.

Ternyata dibalik semangka yang sering disebut-sebut sebagai lambang  buah Palestina ini terdapat sejarah dan maknanya lho.

Belakangan ini banyak sekali ilustrasi buah semangka di media sosial yang dijadikan sebagai ekspresi dukungan terhadap Palestina.

Baik yang digambarkan dalam karya seni maupun emoji yang diunggah. Lalu apa saja makna semangka. Bagi Palestina yang menjadi simbol solidaritas atau dukungan terhadap Palestina.

Mengapa semangka menjadi simbol Palestina serta bagaimana sejarahnya ntuk mengetahui lebih jelas simak uraian berikut ini.

Padahal, semangka sudah lama menjadi simbol solidaritas Palestina.  Hal ini terlihat dari penggunaan gambar semangka di media sosial khususnya dalam beberapa tahun terakhir.

Ada beberapa alasan mengapa semangka menjadi simbol solidaritas bagi Palestina.  Pertama, warna semangka adalah merah, hitam, putih, dan hijau yang melambangkan warna bendera Palestina.

Yang Kedua, semangka adalah salah satu buah yang paling populer dan mudah yang ditemukan di Palestina. Ketiga, semangka juga memiliki makna budaya dan identitas yang penting bagi masyarakat Palestina.

Sejarah penggunaan semangka sebagai simbol solidaritas terhadap Palestina belum disepakati secara pasti.

Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa semangka digunakan sebagai simbol dukungan Palestina terhadap upaya Israel untuk mencaplok wilayah atau aneksasi.

Semangka juga melambangkan budaya dan identitas Palestina. Pada tahun 1948, pemerintah Israel telah melarang pengibaran bendera Palestina di wilayahnya.

Oleh karena itu, gambar irisan semangka menjadi salah satu alternatif untuk menunjukkan solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Penggunaan semangka sebagai simbol solidaritas terhadap Palestina pun semakin populer di media sosial sejak Oktober 2023.

Hal ini dipicu oleh meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina, serta meningkatnya dukungan masyarakat internasional terhadap Palestina.

Sumber: