Ratusan Masyarakat Ekstrem di Pringsewu Dapat Bantuan Ikan Konsumsi

Ratusan Masyarakat Ekstrem di Pringsewu Dapat Bantuan Ikan Konsumsi

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pringsewu, Rusdiana Adi Erlansyah menyerahkan bantuan ikan konsumsi kepada warga penerima--

"Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu melalui dana Insentif Daerah memberikan bantuan kepada 270 masyarakat yang terdampak kemiskinan Ekstrem. Masing-masing keluarga akan mendapatkan bantuan 20kg ikan konsumsi yang dibagi menjadi 4 tahap, setiap tahapnya masing-masing keluarga menerima 5kg ikan, yang terdiri dari ikan Nila dan Ikan Mas, "Terangnya.

 

Menurut dia, bahwa Kabupaten Pringsewu merupakan salah satu sentra budidaya ikan air tawar di Provinsi Lampung dengan pemanfaatan lahan 516 hektar (50%) dari total luas lahan 1.067 hektar yang dimiliki. Dari total produksi ikan pada 2022 sebesar 13.001 ton. 

Kita ketahui bersama ikan adalah sumber protein hewani yang sangat penting bagi kesehatan dan gizi. Namun, sayangnya, akses terhadap ikan segar dan berkualitas seringkali sulit bagi masyarakat yang berada dalam kemiskinan ekstrem untuk mendapatkannya. 

"Kami menyadari betapa sulitnya situasi yang dihadapi oleh saudara-saudara kita yang hidup dalam kondisi yang sulit, karena itulah kita berupaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Pringsewu yang sangat membutuhkan berupa ikan konsumsi. Karena mungkin tidak mampu untuk membeli ikan dan makanan berprotein lainnya secara teratur, "ucap Masykur. 

 

Dijelaskan Masykur,Penyerahkan bantuan ikan konsumsi, dengan tujuan bantuan ini dapat membantu memperbaiki asupan gizi masyarakat, serta membantu dalam diversifikasi pangan keluarga miskin dan memiliki akses pada variasi sumber nutrisi yang baik untuk tubuh , dan membantu mengurangi risiko kekurangan gizi dan kejenuhan makanan.

"Dengan rutin mengkonsumsi ikan pada masyarakat miskin ekstrem selain untuk meningkatkan angka konsumsi Ikan masyarakat Pringsewu masih tergolong rendah yaitu hanya 34,49 kg/kap/tahun juga sebagai upaya penurunan stunting yang saat ini menjadi salah satu Program Lokus PemerintahKabupaten Pringsewu, "kata dia. 

 

Selain itu juga dikatakan Masykur, penyerahan bantuan ikan konsumsi juga dapat mendukung perekonomian lokal dengan melibatkan pembudidaya ikan lokal dan menciptakan peluang ekonomi di kelompok pembudidaya ikan yang mungkin berada dalam situasi ekonomi yang sulit dimana hasil produksi ikannya sulit untuk terjual. Bantuan ini bukanlah sekadar tindakan simpati, melainkan bagian dari upaya berkelanjutan untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem di wilayah Kabupaten Pringsewu. 

 

"Pemkab Pringsewu juga akan terus berupaya mendukung berbagai program pelatihan dan bantuan lainnya untuk memberikan keterampilan dan sumber daya kepada masyarakat kami agar mereka dapat bangkit dari kemiskinan. Oleh karena itu saya Mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu untuk bersatu, berbagi, peduli, dan mendukung satu sama lain untuk dapat menciptakan perubahan positif yang membawa dampak besar bagi masyarakat untuk membantu mengentaskan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Pringsewu, "harapannya. (*) 

 

Sumber: