Kadisbunnak Lampung: Tanggamus Diharapkan Jadi Pilot Project Pengembangan Ternak Kambing Saburai

Kadisbunnak Lampung: Tanggamus Diharapkan Jadi Pilot Project Pengembangan Ternak Kambing Saburai

Pj. Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan membuka kegiatan bimtek dan sosialisasi Pengembangan agribisnis model Umbul Berjaya, di hotel 21 Gisting, Senin 4 Oktober 2023. foto Diskominfo --

 

 

 

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Sub sektor peternakan masih menjadi salah satu andalan penopangnya kehidupan masyarakat di Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Tanggamus.

Hal itu disampikan oleh Pj. Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan saat membuka Bimbingan tekhnis (Bimtek), dan sosialisasi Pengembangan agribisnis model Umbul Berjaya.

Kegiatan yang mengambil tema" Usaha Masyarakat Beternak untuk Lampung Berjaya" tersebut berlangsung di Aula Hotel, 21 Kecamatan Gisting, Senin 4 Desember 2023.

Pj. Bupati menyampaikan, kegiatan bimtek diselenggarakan sebagai langkah dan upaya pengembangan agribisnis peternakan.

Yang terintegrasi dari hulu ke hilir, selain itu melalui kegiatan ini juga untuk menguatkan nilai tambah daya saing usaha peternakan di Provinsi Lampung melalui dinas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung.

"Bahkan sub sektor peternakan cukup siginifikan dalam kontribusi PDRB di Kabupaten Tanggamus, ternak kambing masih jadi komoditi utama di Tanggamus,"kata Pj. Bupati.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pendataan Disnakbun Tanggamus, terhitung Desember 2023.

Populasi ternak kambing, masih unggul dari ternak lainnya yakni sejumlah 205.418 ekor, 

Lalu untuk sapi potong sebanyak 6.755 ekor, Domba 8.479 ekor sedangkan untuk unggas tercatat Ayam Buras sebanyak 377.276 ekor.

Sementara untuk populasi ayam Ras pedaging sebanyak 30.220 ekor serta itik sebanyak 36.490 ekor.

Sumber: