Kadisbunnak Lampung: Tanggamus Diharapkan Jadi Pilot Project Pengembangan Ternak Kambing Saburai

Kadisbunnak Lampung: Tanggamus Diharapkan Jadi Pilot Project Pengembangan Ternak Kambing Saburai

Pj. Bupati Tanggamus Ir Mulyadi Irsan membuka kegiatan bimtek dan sosialisasi Pengembangan agribisnis model Umbul Berjaya, di hotel 21 Gisting, Senin 4 Oktober 2023. foto Diskominfo --

"Untuk penerapan pengembangan Umbul Berjaya di Kabupaten Tanggamus sangat baik, hal ini karena melihat jumlah ternak dan ketersediaan pakan yang memadai, serta didukung iklim yang sejuk, hal ini menjadikan ternak khususnya kambing asal Tanggamus memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan ternak dari kabupaten lain,"ujarnya.

Ia berharap, dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat menjadi batu loncatan pengembangan agribisnis peternakan terintergrasi.

Yang tujuannya daya saing dan nilai tambah hasil meningkat serta muaranya nilai tukar petani dan meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat, pendapatan daerah maupun nasional.

Dalam kesempatan tersebut juga, dilakukan penandatanganan dukungan kerjasama Pengembangan Agribisnis Model Umbul Berjaya

Oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung dan Dekan Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang.

Ketua ISPI Wilayah Lampung yang disaksikan oleh Pj. Bupati Tanggamus, Ir. Mulyadi Irsan.

Sementara Kadis Peternakan Provinsi Lampung, Lili Mawarti menerangkan sosialisasi dan bimtek kepada pengembangan agribisnis model umbul berjaya.

Yang mana Umbul Berjaya sendiri ialah usaha masyarakat peternak untuk mewujudkan kampung berjaya.

"Kita akan kembangkan pola kluster dari hulu hingga hilir yang berbasis agribisnis. Nanti dari pola kluster dari hulu ke hilir kita akan cari dulu oftekernya siapa, kelompok peternak sudah berjalan apa belum,"paparnya.

Ia mengharakan, pengembangan agribisnis di Kabupaten Tanggamus dapat menjadi pilot project, pengembangan kambing saburai kedepan.

Turut dalam kegiatan tersebut kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung: Ibu Ir. Lili Mawarti, M.Si;

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Tanggamus; Kepala OPD terkait; Kepala Disbunnak Tanggamus.

Dekan Fakultas Peternakan Universitas Tulang Bawang Novi Eka Wati, S.Pt., M.Si; Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Unila, 

Ketua ISPI Wilayah Lampung Aris Susanto, S.Pt, Camat Gisting, Kepala Bank BRI unit Gisting, Ketua Asosiasi Kelompok Ternak Kabupaten Tanggamus, dan narasumber - Praktisi dari Telaga Rizky Metro Heri Winarko. (*)

Sumber: