Selain Baik Untuk Mengobati Asam Urat, Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Selain Baik Untuk Mengobati Asam Urat, Berikut Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh. Foto ilustrasi pixabay--

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Kendati tidak memiliki penampilan yang menarik, namun buah mengkudu mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan mineral dan vitamin yang ada pada buah mengkudu diyakini dapat mengobati berbagai penyakit.

Jadi tidak heran kalau banyak yang mengonsumsi buah mengkudu tersebut. Bahkan ada sebagian orang yang menjadikan buah ini sebagai lalapan makan.

Tidak hanya bisa diolah menjadi jus, buah ini juga banyak dijadikan sebagai bahan obat herbal. Pasalnya, buah ini diyakini ampuh dalam menyembuhkan penyakit.

Selain itu, buah ini kaya akan vitamin C, vitamin A, dan karoten. Buah mengkudu bersifat astrigen, menghilangkan lembab, meningkatkan kekuatan tulang, peluruh kencing, peluruh haid, pembersih darah.

Disamping itu juga, buah mengkudu bersifat antikanker, pereda batuk, pereda demam antiradang, antibakteri, pencahar, dan antiseptik, itu sebabnya buah ini  memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh.

1.Asam urat  

Manfaat buah mengkudu yang pertama adalah dapat mengobati asam urat. Pasalnya mengkudu mengandung senyawa yang dapat menghambat enzim xanthine oksidase yang menyebabkan asam urat muncul.

Jadi tidak heran kalau banyak yang menggunakannya sebagai obat herbal untuk mengobati keluhan asam urat.

2.Imunitas tubuh

 Kandungan polisakarida yang ada pada buah mengkudu berfungsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh dengan mengaktifkan kerja sel darah putih. 

3. Diare 

 Buah mengkudu mengandung scopoletin yang mampu menghambat aktivitas E.coli, sehingga banyak juga yang menggunakan buah ini sebagai bahan obat herbal untuk menyembuhkan diare 

Sumber: