Berikan Kemudahan Pelayanan Bagi Pelanggan Dengan Aplikasi New PLN Mobile

Berikan Kemudahan Pelayanan Bagi Pelanggan Dengan Aplikasi New PLN Mobile

Wawan Satriawan --

Aplikasi New PLN Mobile merupakan suatu aplikasi digital yang dibuat oleh PT PLN (Persero) dengan tujuan untuk memberikan pelayanan listrik melalui mobile apps. Aplikasi New PLN Mobile memiliki beberapa layanan daring diantaranya adalah untuk pembayaran tagihan listrik, pembelian token,catat angka meter mandiri, tambah daya, pengaduan gangguan dan keluhan,memonitor pembelian token,memonitor pemakaian listrik pascabayar, notifikasi tagihan, notifikasi padam, informasi progress penyelesaian gangguan, hingga pemeliharaan jaringan listrik.

Informasi mengenai aplikasi New PLN Mobile tentunya disampaikan dengan media sosial berupa Twitter.

Konsumen secara langsung mendapatkan informasi mengenai layanan dari PT PLN (Persero) sekaligus menyampaikan komentar mereka terhadap hadirnya aplikasi New PLN Mobile

Aplikasi New PLN Mobile seperti yang ditunjukkan oleh merupakan aplikasi yang pertama kali dikeluarkan oleh PT PLN (Persero) yang diluncurkan pada 31 Oktober 2016, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71.

Melalui transformasi perusahaan yaitu customer focus, maka PT PLN (Persero) meluncurkan kembali aplikasi New PLN Mobile dengan fitur dan tampilan baru seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1 sebagai mobile Aps unggulan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, memberikan kenyamanan dan kemudahan penggunaan, serta pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan cara konvensional. 

Aplikasi New PLN Mobile juga bertujuan untuk memudahkan konsumen PT PLN (Persero) untuk mendapatkan pelayanan dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang langsung ke kantor-kantor PT PLN (Persero) yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia.

Seiring dengan berjalannya waktu aplikasi New PLN Mobile juga terus mengalami pengembangan agar dapat memberikan pelayanan maksimal ke berbagai kategori pelanggan.Beberapa fitur yang dapat memudahkan pengguna Aplikasi New PLN Mobile diantaranya adalah kemudahan pembayaran tagihan & pembelian token melalui beberapa beberapa metode meliputi virtual account, debit online, kartu kredit, E-Wallet; kemudahan ubah daya tanpa harus mendatangi kantor PT PLN (Persero), proses catat meter mandiri dengan mengunggah foto stand meter sehingga sesuai dengan kondisi di lapangan, kemudahan pengaduan keluhan & gangguan selama 24 jam, kemudahan memonitor pemakaian listrik pascabayar melalui fitur history penggunaan listrik yang berisi rincian rupiah pembayaran dan energi listrik (kWh) pemakaian setiap bulan, kemudahan memonitor pembelian token melalui history pembelian token prabayar, notifikasi tagihan sebelum jatuh tempo pembayaran, informasi progres penyelesaian gangguan dan tindak lanjut mulai dari pengaduan sampai dengan selesai, serta notifikasi pemeliharaan dan pemadaman.

Aplikasi New PLN Mobile per bulan November 2023 telah diunduh oleh lebih dari 10.000.000 pengguna pada platform Google Play Store dengan 754 ribu ulasan. Aplikasi New PLN Mobile juga mendapatkan rating 4.8 pada google play store.

Jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan PLN se-Indonesia yang mencapai 85 jutaan pelanggan maka jumlah pengguna aplikasi New PLN Mobile masih terhitung sangat sedikit.

Pada umumnya pengguna aplikasi New PLN Mobile juga aktif di media sosial khususnya Twitter, sehingga sentimen dari konsumen terhadap aplikasi New PLN Mobile dapat digunakan untuk menilai persepsi masyarakat terhadap layanan daring dari PT PLN (Persero).

 

Sumber: