Berikan Kemudahan Pelayanan Bagi Pelanggan Dengan Aplikasi New PLN Mobile

Berikan Kemudahan Pelayanan Bagi Pelanggan Dengan Aplikasi New PLN Mobile

Wawan Satriawan --

Oleh: Wawan Satriawan

Mahasiswa Program Studi Manajemen Inovasi, Program Magister Universitas Teknologi Sumbawa

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Di era Revolusi Industry 4.0 ini Media sosial merupakan suatu platform digital untuk menyampaikan opini secara langsung yang saat ini menjadi pilihan masyarakat. 

Melalui media sosial pengguna dapat menggunakan akun pribadi maupun akun fake yang dimiliki untuk mengungkapkan perasaan,kritik,emosi,pendapat, dan masukan terhadap suatu pelayanan ataupun produk dibandingkan menyampaikan secara langsung kepada customer service perusahaan,orang atau objek yang mempunyai keterkaitan secara langsung dengan masalahnya. 

Media sosial juga menjadi media yang mampu menunjang kinerja perusahaan dalam hal penyampaian informasi, perbaikan pelayanan, hingga strategi promosi seperti yang dapat dilakukan pada perusahaan penyedia layanan ketenagalistrikan.

Opini masyarakat terhadap pelayanan ketenagalistrikan saat ini sebagian besar disampaikan melalui media sosial salah satunya adalah akun mikro blog Twitter.

Berdasarkan ulasan masyarakat tersebut maka manajemen penyedia layanan ketenagalistrikan dapat mengetahui sentimen masyarakat terhadap kinerja pelayanannya. Komentar masyarakat pada platform media sosial umumnya bersifat bebas, faktual dan sesuai dengan kondisi yang sedang dialami.

Namun komentar yang diberikan oleh masyarakat yang disampaikan melalui media sosial masih belum dapat diambil informasinya secara mendalam.

Twitter adalah media sosial berbasis teks yang dapat dibaca secara real-time sehingga memungkinkan pemilik akun dapat mengekspresikan perasaan dan komentar mereka mengenai isu-isu terhadap pelayanan PT PLN (Persero) di bidang niaga dan distribusi.

Media sosial Twitter memberikan banyak kelebihan bagi penggunanya seperti pada dunia bisnis, pengguna Twitter dapat mengetahui apakah sebuah produk atau layanan dinilai baik atau tidak melalui opini masyarakat di media sosial resmi perusahaan.

Keuntungan bagi PT PLN (Persero) sebagai perusahaan penyedia layanan ketenagalistrikan adalah dapat menggunakan opini yang didapatkan sebagai bahan evaluasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat.

PT PLN (Persero) menggunakan media sosial berupa Twitter sebagai sarana komunikasi antara perusahaan dengan konsumen.Tidak hanya digunakan untuk menyampaikan informasi, akan tetapi menerima banyak masukan, pertanyaan, saran, kritik, hingga apresiasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui teks yang ditulis secara langsung.

Pendapat atau pandangan yang didasarkan pada perasaan tersebut mengandung sentimen positif, negatif, ataukah netral terhadap pelayanan perusahaan melalui platform digital.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa emosi masyarakat secara spontan dapat terungkapkan melalui komentar di media sosial khususnya Twitter. 

Sumber: