Dinas LH Tanggamus Lakukan Aksi Bersih Sampah di Pantai dan Tanam Pohon

Dinas LH Tanggamus Lakukan Aksi Bersih Sampah di Pantai dan Tanam Pohon

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanggamus, Kemas Amin Yusfi. Foto Andriansyah --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanggamus menggelar bersih pantai yang diawali dengan apel dan senam pagi bersama di Taman Wisata Muara Indah, Kota Agung, Jumat 15 Desember 2023.

Selain bersih pantai, kegiatan juga diisi dengan penanaman pohon dua pohon kelengkeng oleh Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dan Sekda Tanggamus, Hamid Heriansyah Lubis.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanggamus, Kemas Amin Yusfi mengatakan, Kegiatan ini merupakan kegiatan rutinitas Pemkab Tanggamus yang biasa setiap tahun dan ini sesuai dengan arahan Pj Bupati Tanggamus.

Makna dari kegiatan penanaman pohon lanjut Kemas, adalah untuk penghijauan Pantai Muara Indah sekaligus memberikan contoh menjaga tutupan lahan dan lain sebagainya.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Pimpin Aksi Bersih Sampah di Pantai Muara Indah

BACA JUGA:Kompak!, Personel TNI/Polri, Unsur Pemda dan Masyarakat Bersihkan Sampah di Pantai Kota Agung

"Kemudian kita lanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih Pantai Muara Indah untuk memberikan contoh kepada masyarakat melalui ASN yang kita lakukan tadi dan akan dilanjutkan oleh kawan-kawan dari dinas pendidikan melalui anak sekolah,"ungkapnya.

Dilanjutkan Kemas,kegitan bersih pantai paling tidak ini adalah upaya untuk memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan di Muara Indah ini terus terjaga, karena objek pariwisata harus terjaga kebersihannya sehingga pengunjung bisa betah.

"Karena tugas ini bukan hanya tugas dari pemerintah saja bagaimana masyarakat sekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan,itu pun harus dilakukan pemberdayaan jadi harus ditanamkan bagaimana upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampahsembarangan,"pungkas Kemas.

Sementara, Camat Kotaagung Pusat Erlan Deni Saputra menambahkan, agenda bersih pantai ini memang sudah rutin dilakukan oleh Pemkab Tanggamus 

Bersih pantai ini dilakukan, kata camat, akibat curah hujan yang tinggi sehingga sampah yang dari hulu sungai Way Jelay turun ke Pantai Muara Indah.

Camat Kota Agung mengimbau kepada masyarakat khususnya yang dilewati oleh sungai Way Jelai  agar tidak membuang sampah ke siringan sebab buangan sampah akan terbawa hingga muara.(*)

Sumber: