Buka Pelaksanaan UKW PWI, Gubernur Lampung Janjikan Umroh Bagi Wartawan Nilai Terbaik

Buka Pelaksanaan UKW PWI, Gubernur Lampung Janjikan Umroh Bagi Wartawan Nilai Terbaik

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka pelaksanaan UKW yang digelar PWI bekerjasama dengan Kementerian BUMN di Hotel Emersia Bandar Lampung, Rabu 10 Januari 2024. Foto dok PWI--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Kali ini UKW berlangsung di Hotel Emersia Bandar Lampung.

Kegiatan UKW yang merupakan kerjasama antara PWI dan BUMN itu dibuka resmi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi 

Pelaksanaan UKW secara gratis ini pesertanya sebanyak 36 wartawan yang dibagi dalam berapa kelas yaitu empat kelas wartawan muda dan 2 kelas wartawan madya.

Dari 36 wartawan itu, salah satunya adalah Jurnalis Radar Tanggamus Hanibal Batman yang mengikuti UKW Jenjang Madya.

BACA JUGA:36 Wartawan PWI Lampung Akan Ikuti UKW, Kerjasama PWI Pusat dan BUMN

BACA JUGA:Penuhi Undangan Dialog PWI, Prabowo Subianto: Saya Orangnya Demokrasi dan Menjamin Kebebasan Pers

Dalam sambutannya,Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berjanji memberikan hadiah umroh bagi wartawan yang mendapat nilai terbaik.

“UKW ini sebagai wadah pembelajaran untuk terus meningkatkan kualitas jurnalistik. Maka saya siapkan hadiah, bagi yang juara 1 berangkat umroh untuk lebih terdorong meraih prestasi,"ujar Arinal.

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Lampung itu menyarankan agar PWI Provinsi Lampung membuat penilaian wartawan teladan untuk diberikan hadiah oleh Pemprov Lampung. Nantinya penilaian akan dilakukan bersama dengan Diskominfotik Lampung

“Bila perlu PWI didampingi Kominfo untuk memberikan penghargaan bagi wartawan terbaik di Lampung. Nanti dinilai bersama-sama dengan Kominfo. Kadis Kominfo tolong nanti ingatkan saya,”kata Arinal

Arinal mengatakan wartawan dan media punya peranan penting dalam memberitakan berbagai aktivitas pembangunan,serta kontrol sosial dan menyampaikan kritik yang membangun. 

Maka dari pada itu, gubernur berharap wartawan harus dibekali ilmu agar mampu menjalankan profesinya dengan baik dan menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat. 

“Saya berharap para peserta Uji Kompetensi Wartawan dapat menjadikan acara ini sebagai wadah pembelajaran dan refleksi untuk terus meningkatkan kualitas karya jurnalistik. Terus belajar beradaptasi dan berinovasi. Sehingga informasi yang disajikan tidak hanya akurat tapi juga mampu memberikan wawasan yang bernilai tambah,” pungkas Arinal. 

Dalam acara pembukaan UKW tersebut turut dihadiri Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah, Direktur UKW PWI Dr Firdaus Komar, Sekretaris PWI Lampung Andi Panjaitan, VP Komunikasi Korporat Pupuk Sriwijaya Palembang Rustam Efendi, Kadiskominfotik Lampung Achmad Saefullah dan beberapa narasumber UKW.(*)

Sumber: