Tingkatkan Kemampuan, Perajin Batik Tulis Tanggamus ke Malang Jawa Timur

Tingkatkan Kemampuan, Perajin Batik Tulis Tanggamus ke Malang Jawa Timur

Ketua Dekranasda Tanggamus Drg. Helen Veronica mendampingi perajin batik tulis Tanggamus, kunjungan kerja ke perajin batik belimbing, Malang, Jawa Timur. Foto Dinas UMKM dan Koperindag --

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Perajin batik tulis, Kecamatan Semaka dan Pematang Sawa. Mengunjungi pengrajin batik belimbing, di Kota Malang Jawa Timur, belum lama ini.

Kedatangan pengrajin batik asal Tanggamus itu, didampingi langsung Ketua Dekrnasda Drg. Helen Veronica; Kepala Dinas UMKM dan Koperasi dan Perdagangan Retno Noviana Damayanti; Sekretaris Dekranasda Omi Lestari.

Kepala Dinas UMKM dan Koperindag Retno Noviana Damayanti menerangkan, kunjungan ke tempat batik belimbing, dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan para pengrajin batik tulis Tanggamus. 

"Kemampuan para pengrajin batik kita harus ditingkatkan mulai dari desain, pewarnaan serta kombinasi warna,"kata Retno Noviana Damayanti, 15 Januari 2024.

Retno menambahkan, bahwa batik tulis salah satu kerajinan tangan yang harus ditingkatkan.

Dengan harapan bahwa kerajinan batik tulis khususnya di Kabupaten Tanggamus dapat maju dan berkembang.

"Kedepan yang kita harapkan, dari pelatihan ini usaha batik lokal, menonjolkan ciri khas kearifan lokal Tanggamus dapat maju dan berkembang, memiliki daya saing, imbasnya kesejahteraan para pengrajin meningkat dan membuka lapangan pekerjaan,"ujarnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dekranasda Tanggamus Omi Lestari mengatakan, kunjungan kerja ke Malang Jawa Timur, dilaksanakan selama empat hari. Yakni tanggal 11 hingga 14 Januari 2024.

"Pengrajin batik tulis di Tanggamus baru di dua kecamatan yakni di pekon Betung Kecamatan Pematang Sawa dan pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka,"terang Omi.

Selama ini, batik tulis hasil kerajinan tangan dari Tanggamus, masih di pasarkan melalui galeri Dekranasda dan event Incraf dan griya nusa di Jakarta.

"Untuk batik sendiri ada beberapa macam, yakni tulis, tenun dan printing, kita harapkan khususnya batik tulis terus meningkat, sehingga membuka peluang lapangan kerja, dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat,"tandasnya. (*)

Sumber: