Kunjungi Kemenkes, Pj Bupati Sampaikan Usulan Puskesmas Rawat Inap di Pulau Tabuan

Kunjungi Kemenkes, Pj Bupati Sampaikan Usulan Puskesmas Rawat Inap di Pulau Tabuan

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan bersama sejumlah pejabat struktural di Lingkungan Pemkab Tanggamus melaksanakan kunjungan kerja ke Kemenkes RI dalam rangka menyampaikan sejumlah usulan program untuk peningkatan pembangunan di bidang kesehatan. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Program pembangunan di bidang kesehatan masih menjadi salah satu prioritas Pemkab Tanggamus.

 

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sejumlah program digaungkan diantaranya pembangunan laboratorium kesehatan di daerah,pembangunan puskesmas rawat inap di Pulau Tabuan Kecamatan Cukuh Balak hingga rehabilitasi fasilitas sarana prasarana di RSUD Batin Mangunang.

 

Usulan program itu disampaikan langsung 

Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus,Mulyadi Irsan saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Jakarta,Selasa 16 Januari 2023.

 

Dalam lawatannya ke Kemenkes RI itu, Pj Bupati yang memimpin rombongan,diterima oleh Direktur Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI, dr. Aswan Usman M. Kes.

 

BACA JUGA:Pj Bupati Mulyadi Irsan Berharap Puskesmas Pasar Simpang Raih Predikat Paripurna

 

BACA JUGA:Tanggamus Kini Miliki 18 Puskesmas Rawat Inap

 

Turut mendampingi Pj bupati dalam agenda kunker ke Kemenkes RI,Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) Tanggamus Hi.Hendra Wijaya Mega, Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat dan Direktur RSUD Batin Mangunan dr. Theresia Hutabarat.

 

Dalam pertemuan itu, Mulyadi Irsan menyatakan komitmen Pemkab Tanggamus untuk memberikan pelayanan maksimal di bidang kesehatan dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor kesehatan agar mumpuni unggul serta berdaya saing.

 

"Mapping yang dilakukan oleh dinas kesehatan dan rumah sakit terus berusaha memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan,"kata Pj bupati.

 

Adapun sasaran utama dari upaya tersebut, lanjut Mulyadi Irsan adalah memastikan pelayanan kesehatan di lapangan, termasuk di puskesmas, posyandu dan puskesmas pembantu (Pustu) mampu mencakup 653.000 jiwa.

 

BACA JUGA:Puskesmas Rawat Inap Sukaraja Kekurangan Dokter

 

BACA JUGA:Selain Baik Untu Pencernaan, Ini 5 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan

Dengan penuh semangat, di hadapan jajaran pejabat Kemenkes RI, Pj bupati mengungkapkan bahwa dari 20 kecamatan dan 24 puskesmas, ada pulau terdepan, terpinggir dan terluar di wilayah Kabupaten Tanggamus,yaitu Pulau Tabuan yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

 

Menurut Pj bupati,masyarakat Pulau Tabuan, apabila hendak berobat ke fasilitas kesehatan harus menggunakan perahu. Aspirasi dari masyarakat Pulau Tabuan agar sarana dan prasarana kesehatan dimaksimalkan.

 

"Ada harapan besar dari masyarakat Pulau Tabuan agar pelayanan kesehatan lebih mudah dijangkau.Masyarakat Pulau Tabuan juga sudah menyiapkan lahan seluas 2.500 meter persegi untuk proyek tersebut,"terang Mulyadi Irsan.

 

Mantan kepala Bappeda Provinsu Lampung itu menambahkan bahwa meskipun fasilitas pendidikan seperti SMK,sekolah dasar dan SMP telah diterima, bidang kesehatan masih menunggu perhatian lebih lanjut.

 

"Ini menjadi ganjalan kami di bidang kesehatan, dan harapan kami besar agar Puskesmas Rawat Inap dapat segera terpenuhi,"ujar Mulyadi Irsan.

 

Ia menegaskan bahwa harapan selanjutnya adalah terwujudnya usulan kegiatan pembangunan laboratorium kesehatan di daerah Tanggamus dan adanya rehabilitasi fasilitas sarana prasarana RSUD Batin Mangunang Kota Agung.

 

"Dengan demikian, Pemkab Tanggamus bertekad menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama demi kesejahteraan masyarakat,"pungkas Mulyadi Irsan.(*)

Sumber: