Pj Bupati Tanggamus Pimpin Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024

Pj Bupati Tanggamus Pimpin Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan didampingi jajaran Komisioner Bawaslu Tanggamus memasuki lapangan Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, Minggu 11 Februari 2024.Foto Diskominfo Tanggamus --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menjadi inspektur upacara dalam Apel Siaga Patroli Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2024, Minggu pagi 11 Februari 2024 di Lapangan Pemkab Tanggamus.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, menyampaikan bahwa gelaran pemilu 2024 tinggal menghitung hari, dimana saat ini konstelasi dan suhu politik pun semakin meningkat.Untuk itulah, fungsi pengawasan menempati posisi yang sangat penting dan strategis dalam setiap tahapan pemilu.

"Tak kalah penting, partisipasi masyarakat menjadi faktor yang dominan bagi suksesnya pemilu 2024 yang berkualitas.Kami atas nama Pemkab Tanggamus mengapresiasi terselenggaranya apel siaga kali ini,"kata Mulyadi Irsan.

Pj Bupati mengatakan,apel siaga ini sebagai bentuk kesiapan  dalam pengawasan di setiap tahapan pemilu serta upaya mewujudkan pemilu 2024 yang berintergritas,jujur dan adil.

BACA JUGA:Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan di Empat Kecamatan di Wilayah Tanggamus

BACA JUGA:Ketua Bawaslu Tanggamus Minta Pengawas TPS Jaga Integritas

"Perlu dipahami, bahwasannya kunci sukses pemilu tidak hanya menjadi tanggung jawab satu pihak saja, tetapi tugas bersama seluruh elemen masyarakat,"ucap Mulyadi Irsan

"Oleh karena itu,untuk mencegah dan mempersempit ruang terjadinya kerawanan pemilu dibutuhkan sinergi dan kolaborasi mulai dari unsur pemerintah, penyelenggara pemilu, aparat keamanan, dan masyarakat,"imbuh Pj bupati.

Pj bupati juga berharap seluruh pihak berkomitmen mengedepankan integritas dalam menjalankan tugas pengawasan secara baik dan profesional. Selain itu juga meminta agar kondusifitas Kabupaten Tanggamus yang telah berjalan dengan baik ini terus kita pertahankan.

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi Lampung, Imam Bukhori, menyampaikan bahwa terhitung sejak Minggu 11 Februari hingga Selasa 13 Februari 2024 sudah memasuki masa tenang. Di masa tenang pemilu inilah unsur pengawas pemilu harus bekerja ekstra sehingga tahapan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

"Kita tidak boleh tenang di masa tenang.Kita baru boleh tenang saat semuanya sudah sukses termasuk dalam hal sukses penyelenggaraannya sampai sukses bertanggung jawabnya,syukur-syukur kita sukses melahirkan pemimpin-pemimpin yang dilahirkan demi masyarakat,"kata Imam.

Menurut Imam, Panwaslu adalah orang-orang yang dipilih untuk mengerjakan semua tahapan yang luar biasa. Ia juga mengingatkan bahwa demokrasi ini bukan hanya milik Bawaslu,KPU dan pemerintah tapi demokrasi adalah milik semua warga negara Indonesia.

"Jadi kawan-kawan mulai hari ini sekali lagi mari kita sama-sama jaga betul demokrasi ini, jaga betul tugas-tugas kita ini,mari kita sama-sama jaga betul proses demokrasi  ini,"pungkasnya.

Disela Apel, dilakukan pengecekan peserta apel oleh Bawaslu Kabupaten didampingi Pj Bupati Tanggamus dan jajaran Forkopimda Tanggamus dan pelepasan patroli siaga secara simbolis.

Sumber: