Inilah Kuliner Khas Tanggamus Berbahan Ikan Yang Wajib Kamu Coba

Inilah Kuliner Khas Tanggamus Berbahan Ikan Yang Wajib Kamu Coba

Pekhos Pati atau Cubik, kuliner Khas Tanggamus Lampung. Foto Rio Aldipo--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Selain kaya akan keindahan alam dan potensi pariwisatanya, Kabupaten Tanggamus juga memiliki makanan khas yang lezat.

Lantaran di Tanggamus terdapat banyak pantai, tak heran, rata-rata makanan khas Tanggamus didominasi oleh olahan ikan.

Nah, apabila kamu mengunjungi Kabupaten Tanggamus, jangan lupa untuk mencicipi ragam kuliner khasnya yang dijamin enak dengan citra khas nusantara.

Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Kabupaten Tanggamus yang wajib dicoba apabila kamu berkunjung ke Kabupaten Tanggamus yang berjuluk Bumi Begawi Jejama.

1.Iwan

Meski nama Iwan sangat identik dengan nama orang lain, namun nama Iwan di Kecamatan Kota Agung, Tanggamus, Lampung adalah kudapan yang terbuat dari bahan dasar ikan berbentuk bulat seperti  bakso. 

BACA JUGA:7 Tempat Wisata Air Terjun di Kabupaten Tanggamus, Nomor 3 Memiliki Keindahan Yang Menakjubkan

BACA JUGA:Dijamin Ketagihan! Ini 10 Tempat Makan Enak di Kabupaten Tanggamus

Iwan dapat disajikan dengan dua cara yakni digoreng atau direbus. Kalau disajikan dengan cara direbus, campurannya bisa bihun. Namun, jika Iwan digoreng, bisa disajikan dengan saus cuka merah. 

2.Otak-otak

Makanan khas Tanggamus didominasi oleh masakan ikan, salah satunya adalah otak-otak. Teksturnya lembut dan kenyal serta rasanya yang enak. 

 Otak-otak merupakan sajian yang paling banyak dicari di kalangan warga Tanggamus, terutama saat Ramadhan tiba. Otak-otak biasanya dimakan dengan cuka merah atau saus kacang.

3. Pekhos

Pekhos adalah kuliner kuah bening yang diberi air perasan jeruk,  bisa juga dari buah  belimbing wuluh dan  loba lobi atau sejenis lainnya. Kuah tersebut selanjutnya dicicol dengan ikan bakar laut seperti selar,kakap merah, kerapu, atau bisa juga dengan air tawar seperti ikan mas atau nila.

Sumber: