Tim Penilai Internal Itjen Kemenkumham RI Apresiasi Program Napasdapduk Rutan Kota Agung

Tim Penilai Internal Itjen Kemenkumham RI Apresiasi Program Napasdapduk Rutan Kota Agung

Kepala Rutan Kelas II B Kota Agung,Benny Muhammad Saefulloh saat mempresentasikan program unggulan di Rutan Kota Agung salah satunya Napasdapduk. Foto dok Rutan Kota Agung --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Program inovasi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kota Agung yaitu Napasdapduk (Narapidana Bebas Dapat Adminduk) mendapat apresiasi dari Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI.

Apresiasi itu disampaikan Tim Penilai Internal Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham RI saat mengunjungi Rutan Kota Agung dalam rangka evaluasi pembangunan zona integtritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK), Rutan Kota Agung mengadapi desk evaluasi dihadapan Tim Penilai  Internal Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI pada Selasa,14 Mei 2024  

Apresiasi disampaikan langsung oleh Ketua Tim Penilai Helmy Ahirul Apriandi dan 2 orang anggotanya Zein Ihya Ulumuddin dan Dania Akhmad.

Kepala Rutan Kota Agung, Benny Muhammad Saefulloh dalam pemaparannya mengatakan, Program Napasdapduk ini dinilai sebagai terobosan yang inovatif karena memberikan layanan prima kepada warga binaan di mana narapidana yang bebas langsung berikan e-KTP.

BACA JUGA:Dukung P4GN dan Cegah Halinar, Rutan Kota Agung Razia Kamar Hunian WBP

BACA JUGA:Karutan Kota Agung Pimpin Upacara HBP Ke 60 di Lapas Kota Agung

"Sehingga warga binaan yang baru bebas tidak perlu bersusah payah mengurus sendiri KTP mereka yang hilang saat proses penyidikan. Juga  mempermudah warga binaan  yang belum pernah punya eKTP,"kata Benny.

Benny bersama 18 anggota Tim ZI memaparkan pencapaian pembangunan ZI yang sudah dilakukan Rutan Kota Agung selama setahun kebelakang di Aula Kanwil Kemenkumham Lampung.

Dalam pemaparannya, Benny menegaskan komitmen seluruh jajaran dalam upaya melakukan reformasi di 6 area yakni, manajeman perubahan, penataan tata laksana,peningkatan kualitas SDM, peningkatan akuntabilitas,penguatan pengawasan serta peningkatan kualitas pelayanan publik. 

"Rutan Kota Agung telah membuktikan komitmennya dengan melakukan perubahan budaya kerja menjadi lebih disipilin dan profesional, efisiensi seluruh layanan menjadi lebih cepat dan terukur,"ujar Benny

Dilanjutkan Benny, bahwa Rutan Kota Agung juga sudah melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik diantaranya membangun sarana  loket layanan terpadu yang nyaman, toilet dan jalur disabilitas, pemasangan CCTV.

"Lalu diraihnya izin klinik pratama rawat jalan, juga dapur layak higiene serta fasilitas lain penunjang kinerja layanan,"imbuhnya.

Benny juga mengatakan jajarannya telah menjalin sinergi yang kuat bersama stakeholder terkait yang dibuktikan dengan terjalinnya kerjasama dengan disdukcapil,  dinas kesehatan, dinas perpustakaan dan kearsipan, Dinas PendidikanTanggamus,Pos Bakum Adin Tanggamus serta Puskesmas Kota Agung.

Atas capaian tersebut, Karutan Kota Agung berharap satkernya bisa naik untuk penilaian ke Kemenpan RB. 

Sumber: