Yuk Intip! Air Terjun Talang Kemulun, Destinasi Wisata Dengan Panorama Menakjubkan di Kabupaten Kerinci

Yuk Intip! Air Terjun Talang Kemulun, Destinasi Wisata Dengan Panorama Menakjubkan di Kabupaten Kerinci

Air Terjun Talang Kemulun merupakan salah satu wisata Hits di Kabupaten Kerinci.foto facebook--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-  Kabupaten Kerinci merupakan salah satu daerah di Provinsi Jambi yang memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan.Salah satunya adalah Air Terjun Talang Kemulun

Keindahan air terjun ini tidak kalah dengan daerah lain, pasalnya air terjun ini berada  dikawasan yang masih asri dan alami dengan udara yang sejuk dan segar.

Air terjun yang satu ini berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Tepatnya berada di Desa Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci.

Untuk menikmati keindahan dan kesejukan air terjun itu para wisatawan harus melakukan treking terlebih dahulu dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Dari area parkir, pengunjung  harus menyusuri jalur yang masih berupa tanah dan batu. Namun sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan alam yang asri berupa pepohonan dan bukit, persawahan dan perkebunan warga.

Untuk mencapai air terjun tersebut diperlukan tenaga yang cukup, karena banyak yang berupa tanjakan dengan kemiringan yang lumayan.

Setelah berjalan kurang lebih 1 jam dan sampai pada aliran sungai, pertama kita akan menemukan sebuah air terjun mini. Air terjun mini ini merupakan bagian hilir dari Air Terjun Talang Kemulun.

Sedangkan untuk sampai ke air terjun yang dituju, anda masih perlu berjalan lagi menyusuri sepanjang pinggiran sungai yang juga dengan trek masih menanjak, bahkan lebih terjal.

Setelah beberapa saat, perjalanan akan berakhir pada sebuah air terjun yang megah dan indah tampak didepan mata.

Air Terjun Talang Kemulun memiliki karakteristik air terjun yang berundak-undak, airnya mengalir melewati bebatuan yang ditumbuhi tanaman yang merambat.

Terdapat 12 tingkatan Air Terjun Talang Kemulun ini dengan air yang sangat jernih dan bersih sehingga menampilkan pemandangan yang mempesona.

Menurut cerita,  Air terjun yang membentuk berundak ini dikarenakan kejadian gempa yang pernah mengguncang Provinsi Jambi dulu. Dengan kejadian itu justru menghadirkan keindahan yang menakjubkan.

Air Terjun Talang Kemulun biasa disebut juga dengan Air Terjun Lembah Khayangan, karena banyak yang menyebutkan bahwa air terjun ini merupakan surga yang tersembunyi.

Sumber: