Sedang Defisit,Dinas PUPR Tanggamus Prioritaskan 8 Paket Infrastruktur di 2024,Ini Rinciannya

Sedang Defisit,Dinas PUPR Tanggamus Prioritaskan 8 Paket Infrastruktur di 2024,Ini Rinciannya

Sekretaris Dinas PUPR Tanggamus Ari Yudha. Foto Rio--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pada tahun 2024 ini Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tanggamus akan membenahi sejumlah infrastruktur,mulai dari jalan jembatan hingga irigasi.

Menurut Sekretaris Dinas PUPR Tanggamus,Ari Yudha, total ada 8 paket pekerjaan yang masuk dalam skala prioritas.

Adapun rinciannya, revitalisasi dan peningkatan jalan sebanyak dua paket senilai Rp18 Miliar dari dana alokasi khusus (DAK) fisik 2024.

"Dua paket di bidang Bina Marga (BM) dari DAK fisik 2024 yaitu ruas Kecamatan Kelumbayan dari Kluwih-Jati Ringin sepanjang 2 kilo meter (KM) dan Sumanda-Sukamulya sepanjang 4 KM. Sehingga masing-masing jalan pagunya Rp9 Miliar,"kata Ari Yudha mewakili Kadis PUPR Tanggamus Riswanda Djunaidi, Kamis 30 Mei 2024.

BACA JUGA:Lubang di Jembatan Way Semaka, Dinas PUPR Tanggamus Sebut Akan Dipasang Plat Baja Oleh BPJN Lampung

BACA JUGA:Langkah Cepat Pj Bupati Tanggamus, Akses Jalan Pekon Datarajan Kini Sudah Bisa Dilalui,

Selain dari DAK fisik,perbaikan infrastruktur juga ada yang didanai dari APBD, hanya saja untuk jumlahnya tidak banyak seperti tahun-tahun lalu. Hal ini,kata Ari Yudha karena Tanggamus masih mengalami defisit anggaran.

Perbaikan infrastruktur yang didanai dari APBD Tanggamus tahun 2024 diantaranya pembangunan jembatan Tugupapak dan Way Betung

Untuk jembatan Way Betung pagu anggarannya Rp2.260.000.000 dan Jembatan Tugu Papak senilai Rp 1.275.000.000."Dua jembatan itu bangun baru, kerana jembatan sebelumnya ambruk,"ujar Yudha

Dilanjutkan Yudha bahwa,APBD bidang fisik Kabupaten Tanggamus juga mengcover rehabilitasi jaringan irigasi. Ada tiga titik rehabilitasi jaringan irigasi tersebut yaitu Way Talang Raman di Talang Padang,Wonosobo Pangkul dan Way Pangkul II di Pekon Bandar Sukabumi Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS).

"Untuk pagunya,Way Talang Raman Rp 690 juta, Way Pangkul I di Wonosobo Rp1,8 Miliar dan Way Pangkul II di Pekon Bandar Sukabumi Kecamatan BNS nilainya Rp1,1 Miliar,"terang Yudha.

Lalu yang menjadi prioritas Pemkab Tanggamus selanjutnya adalah revitalisasi ruang terbuka hijau (RTH) Ir.Soekarno yang berada di jantung ibu kota Kabupaten Tanggamus.

RTH Ir.Soekarno sendiri merupakan lokasi bersejarah, sebab Presiden pertama RI Ir.Soekarno pernah menyampaikan pidato kenegaraan sehingga untuk mengenang peristiwa tersebut dibuat tugu yang tampilannya sangat sederhana.

"Pagu anggaran untuk revitalisasi RTH Ir.Soekarno di Kecamatan Kota Agung sebesar Rp1,9 Miliar. Nantinya di RTH dibuat banyak fungsi semisal pusat oleh-oleh, arena bermain anak,saat ini masih proses perencanaan,"pungkas Yudha.(*)

Sumber: