OPD Pemkab Tanggamus Serentak Lakukan Penanaman Pohon

OPD Pemkab Tanggamus Serentak Lakukan Penanaman Pohon

Jajaran OPD Pemkab Tanggamus yang dipimpin Asisten Bidang Administrasi Setdakab Tanggamus Sukisno melakukan penanaman pohon serentak dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Tanggamus, Lampung melakukan penanaman pohon secara serentak,Jumat 14 Juni 2024.penanaman pohon itu dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup se Dunia

Pada momen Hari Lingkungan Hidup se Dunia itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanggamus juga melakukan penanaman pohon yang di pusatkan di Pekon Way Pring Kecamatan Pugung.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman tersebut, Asisten Bidang Administrasi Setdakab Tanggamus,Sukisno, Kepala DLH Kabupaten Tanggamus Kemas Amin Yusfi, Camat Pugung, Kepala Pekon Way Pring, Penggerak Proklim Pekon Way Pring dan Pewakilan dari PLN UP PLTP Ulu Belu.

Dalam sambutan Asisten Bidang Administrasi,Sukisno mengatakan, kegiatan penanaman pohon yang di pusatkan di Pekon Way Pring merupakan agenda yang terakhir dari rangkaian hari Lingkungan Hidup se Dunia yang diperingati Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila dan Tanam Pohon Tabebuya

BACA JUGA:Dinas LH Tanggamus Lakukan Aksi Bersih Sampah di Pantai dan Tanam Pohon

"Pada hari ini adalah puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia yang sebelumnya telah dilaksanakan upacara pada 1 Juni 2024, Costal Clean Up sekaligus peresmian Bank Salingda dengan ditandai penyerahan Bank Botol dari dunia usaha kepada OPD Pemkab Tanggamus,"ujar Sukisno.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Tanggamus Kemas Amin Yusfi mengatakan, penanaman pohon dilaksanakan di lokasi proklim yang terdaftar dalam Proklim 2024, yaitu pekon Campang Way Handak Kecamatan Pugung, yang telah didaftarkan tahun ini dengan skor 75,11. Skor tersebut adalah yang tertinggi dari 15 lokasi di Kabupaten Tanggamus yang didaftarkan tahun ini.

Tanaman yang diberikan merupakan salah satu bentuk apresiasi yang diberikan dari Pemerintah Kabupaten Tanggamus berkolaborasi dengan PLTP Ulubelu yaitu 300 bibit MPTS terdiri dari 172 tanaman alpukat dan 128 pala.

"Saya ucapkan terimakasih kepada PLTP Ulubelu yang telah berperan aktif dalam rangkaian hari lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tanggamus, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, dan harapannya kedepan PLTP Ulubelu Bisa berkesimbungan dalm upaya-upaya melestarikan Lingkungan,"ujar Kemas.

Kemas berharap aksi yang dilakukan oleh jajaran OPD Kabupaten Tanggamus dengan melakukan penanaman pohon dapat menginspirasi pihak-pihak lainnya,sehingga penanaman pohon dapat dilakukan secara berkelanjutan di berbagai lokasi

"Lokasi penanaman saat ini di titik beratkan pada salah satu area lahan kritis yang berada di Pekon Way Pring sebagai langkah proaktif untuk melindungi dan menghidupkan kembali ekosistem yang sangat penting bagi kehidupan di bumi,"pungkasnya.(*)

 

Sumber: